Gosip

TvN rilis pernyataan hak cipta lagu Ardhito dalam acara Three Meals a Day

TvN rilis pernyataan hak cipta lagu Ardhito dalam acara Three Meals a Day

Salah satu penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia yaitu Ardhito Pranomo curhat melalui instagram pribadinya. Ia mengatakan bahwa lagu miliknya Bitter Love sering digunakan di program TV Korea Selatan. Ardhito mengungkapkan bahwa mereka tidak izin kepadanya dalam penggunaan lagu miliknya. Pada awalnya ia merasa senang dan bangga karena karyanya didengar oleh global. Namun semakin sering lagunya digunakan, ia mulai merasa bahwa itu adalah tindakan yang ilegal. Berangkat dari masalah tersebut, salah satu program TV Korea yang pernah menggunakan lagu Ardhito. Yaitu Three Meals a Day memberikan pernyataan terkait hak cipta lagu yang mereka putar sepanjang acara tersebut. Apakah kalian penasaran dengan pernyataan dari tvN? Yuk kita simak.

Ardhito Pranomo. Foto: Instagram

Pernyataan Three Meals a Day terkait hak cipta lagu Ardhito Pranomo yang dirilis tvN

Pada tanggal 9 April tvN Three Meals a Day memberikan konfirmasi terkait kesalahpahaman penggunaan hak cipta musik Ardhito Pranomo melalui instagram resminya. Artikel tersebut bertuliskan bahwa backsound Bitter Love yang dianggap digunakan tanpa izin telah dibayar melalui Asosiasi Hak Cipta Musik Korea.

Sebelumnya Ardhito Pranomo menanyakan tentang penggunaan hak cipta melalu insta story miliknya. dan pihak tvN telah menjelaskan kepada Ardhito. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat kesalahpahaman darinya.

Three Meals a Day juga megaskan bahwa mereka menerima dan memproses semua hak cipta musik yang mereka gunakan dalam penyiaran melalui kontrak yang telah disepakati dengan Asosiasi Hak Cipta mUsik Korea, Asosiasi Pemain Musik Korea, dan Asosiasi Industri Rekaman Korea. Sehingga Three Meals a Day selalu memakai cara yang legal terkait lagu yang mereka gunakan selama penyiaran.

Pernyataan dari perusahan produksi Three Meals a day  CJ ENM

Beberapa waktu lalu, penyanyi dan penulis lagu Ardhito Purnomo melalui instagram pribadinya mengatakan bahwa lagu miliknya telah digunakan dibeberapa variety show korea tanpa izin seperti Three Meals a Day. Ardhito mengatakan bahwa lagunya seperti menjadi barang konsumsi publik di Korea. Mereka menggunakan musik latar gratis untuk Eating Show.

CJ ENM yang merupakan perusahaan produksi Three Meals a Day juga menanggapi masalah ini dengan penjelasan singkat yang mengatakan bahwa lagu-lagu yang digunakan dalam Three Meals a Day dengan biaya hak cipta melalui Asosiasi Hak Cipta Musik Korea yang dipercayakan kepada Sony Music sebagai pemilik hak cipta lagu tersebut. mereka juga menambahkan bahwa isinya telah dijelaskan dengan baik kepada artis yang bersangkutan.

Itulah pernyataan dari tvN Three Meals a Day terkait hak cipta lagu milik Ardhito yang mereka putar dalam acaranya. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *