Gosip

Terapi pura-pura mati di Korea Selatan dapat menurunkan bunuh diri

Terapi pura-pura mati di Korea Selatan dapat menurunkan bunuh diri

Mungkin jika mendengar kata terapi kematian akan terasa aneh, karena belum pernah ada dimanapun. Ide terapi ini muncul salah satu penyebabnya adalah karena tingginya angka kematian yang disebabkan bunuh diri di Korea Selatan. Menurut catatan WHO, di Korea Selatan angka kematian akibat bunuh diri dua kali lipat lebih besar dari negara manapun di dunia. Oleh karena itu terapi pura-pura mati yang ada di Korea Selatan ini dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat membantu menurunkan tingkat kematian akibat bunuh diri di Korea Selatan.

Mapo Bridge terdapat peringatan pencegah bunuh diri. Foto: Pinterest

Pengertian, fakta dan manfaat dari terapi kematian yang ada di Korea Selatan

Berikut ini ulasan pengertian dan fakta dari terapi kematian di Korea Selatan :

1. Pengertian pura-pura mati

Pengertian terapi kematian yang ada di Korea Selatan ini adalah keadaan atau kondisi dimana seseorang berpura-pura mati dan mendapatkan upacara kematian seperti pada umumnya. Upacara yang diadakan atau yang akan dialami oleh para peserta persis sama seperti upacara kematian pada umumnya. Dalam upacara ini, para peserta diwajibkan mengenakan pakaian khusus orang mati sesuai dengan adat kepercayaan masing-masing. Ada yang mengenakan jas, ada yang mengenakan kain kafan dan lain sebagainya.

Setelah mengenakan pakaian untuk upacara kematian, para peserta diwajibkan berbaring di dalam peti mati yang telah disediakan. Tujuan hal ini dilakukan agar para peserta dapat merenungkan apa yang terjadi jika mereka mati.

2. Fakta terapi pura-pura mati

Fakta yang terungkap bahwa sebagian besar para peserta mampu untuk bangkit dan kembali bersemangat untuk menjalani hidup. Seperti informasi yang beredar bahwa terapi kematian seperti memberikan efek restart pada otak sehingga mampu menemukan jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi.

Sebenarnya hal ini sama seperti orang bermeditasi atau orang yang sedang berintrospeksi diri. Namun dengan terapi kematian, ada sensasi tersendiri yang menyebabkan para peserta lebih mudah menemukan jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

Selain terungkap fakta para peserta dapat menemukan sendiri jalan keluar dari masalah yang dihadapi, para peserta juga terlihat lebih menghargai kehidupan. Hal itu terlihat dari semangat yang mereka bawa usai melakukan terapi kematian.

3. Manfaat positif terapi kematian bagi peserta yang mengikutinya

Bagi sebagian orang mungkin ini adalah pengalaman buruk yang dapat memberikan mimpi buruk. Namun ternyata ada banyak manfaat yang para peserta dapatkan setelah mengikuti terapi pura-pura mati. Manfaat itu seperti lebih menghargai kehidupan, menyadari banyak hal baik yang sebenarnya terjadi dan sayang untuk ditinggalkan begitu saja. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *