Gosip

Sejong bukti Korea Selatan dukung IKN kota pintar

Sejong bukti Korea Selatan dukung IKN kota pintar

Pandemi Covid-19 masih simpang siur di telinga masyarakat. Mulai dari tahun 2019 hingga kini, kabar mengenai Covid-19 terbilang sudah cukup mereda. Meski beberapa varian baru terkadang diberitakan diberbagai media. Akibat pandemi, beberapa sektor mengharuskan bekerja melalui rumah tak terkecuali bidang pendidikan. Pada tahun 2020, transisi dari lini teknologi untuk saat ini terlihat berkembang begitu cepat. Hal tersebut telah dikutip dari kompas.com. Dikutip dari kompas Satya Nadella CEO Microsoft tentang pernyataan laba Kuartal-i 2020, menyatakan bahwa transformasi digital, yang pada dasarnya harus memakan waktu dua tahun, kini hanya tercapai dalam dua bulan. Hal ini ada kaitan dengan bukti Sejong mendukung kota pintar.

Kota pintar

Berawal dari trem pesatnya teknologi, kota pintar semakin digalakkan. Dalam suatu optimalisasi serta efisiensi kota dengan memanfaatkan sebuah teknologi digital disertai big data pada sektor konstruksi perkotaan. Pada sebuah laporan navigant research 2019, terdapat 433 proyek, hal itu sedang dilakukan di 286 kota dalam seluruh dunia.

Kota Sejong. Foto: Instagram

Sejong bukti kota pintar Korea

Korea Selatan lebih unggul, pada tahun 2018 negara tersebut mengumumkan kota pintar yang dimaksud. Di Korea Selatan, memiliki salah satu model kota pintar yang telah unggul serta wujud kota digital masa depan adalah kota Bahagian Sejong. Perencanaan kota Sejong cukup matang.

Pertama, direncanakan menjadi sebuah kota informasi teknologi tinggi, dengan cara mempergunakan teknologi digital dari tahap perencanaan, dengan berfokus pada infrastruktur pintar yang dibangun. Hal itu bertujuan untuk mendukung manajemen kota, layaknya sebuah jaringan komunikasi mandiri, dengan kecepatan super tinggi pada tahap awal konstruksi.

Contoh pelayanan di Sejong

Sejong mengembangkan Internet Of Things (IoT) serta teknologi big data. Kota tersebut juga mengembangkan informasi terpadu serta membangun platform khusus layanan bagi warganya. Salah satu bukti bentuk digital di kota Sejong bernama “Sejongen.” Hal itu disediakan bagi warga lokal mengenai informasi seperti halnya, debu halus, coronavirus serta mobilitas terdekat contohnya skuter listrik dan hal lainnya.

Ada pula digital lainnya untuk bel darurat mobile yang bernama “Sejong Anshimi.” Hal itulah yang menjadikan kota Sejong didapuk menjadi kota pintar dalam tingkat dunia. Sejong memiliki sertifikat internasional untuk membuktikan hal tersebut.

Bukti sertifikat yang didapat Sejong

Sejong memperoleh beberapa sertifikat internasional. Pertama, ISO37106 level, dianggap sebagai kota kompeten pertama di dunia pada tahun 2018. Kedua, sertifikat internasional level 4 sebagai kota progresif maju. Begitulah IKN pertama kota Sejong yang dikutip dari Kompas.com. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *