K-Pop

Profil & fakta Jinho PENTAGON, eks trainee SM Ent yang bersuara emas

Profil & fakta Jinho PENTAGON, eks trainee SM Ent yang bersuara emas

Jinho merupakan vokalis utama dari grup asuhan Cube Entertainment, PENTAGON. Ia juga merupakan member tertua sekaligus terpendek di grupnya. Kendati begitu, Jinho dikenal dengan sifatnya yang ‘ngemong‘ terhadap para member lain, khususnya para maknae. Tak heran ya jika Jinho sangat disayang oleh member lainnya. Selain dikenal dengan suara emasnya, Jinho juga berperan sebagai penulis lagu, komposer, rapper, sekaligus pelatih vokal.

Nah, seperti apa sih profil dan fakta Jinho PENTAGON selengkapnya? Yuk, simak artikel berikut!

Profil Jinho PENTAGON

Jinho PENTAGON. Foto: Pinterest
Jinho PENTAGON. Foto: Pinterest
  • Nama panggung: Jinho (진호) – sebelumnya Jino
  • Nama asli: Jo Jin Ho (조진호)
  • Tanggal lahir: April 17, 1992
  • Zodiak: Aries
  • Tinggi badan: 168 cm
  • Berat badan: 52 kg
  • Golongan darah: A
  • Kebangsaan: Korea
  • Instagram: @jinhogwart
  • Pendidikan: Chungryang High School, Seoul

Fakta unik

Jinho PENTAGON. Foto: Pinterest
Jinho PENTAGON. Foto: Pinterest

Jinho lahir di Bucheon dan memiliki satu adik perempuan. Saat berusia 7 tahun, ia dan keluarganya pindah ke Daejeon. Karena pekerjaan orang tuanya, Jinho sempat menetap di Tiongkok selama 8 bulan saat usianya 15 tahun. Ia tinggal di Kota Qingdao dan bersekolah di sana. Tak heran jika ia bisa berbahasa Mandarin. Selain itu, Jinho juga bisa bahasa Inggris cukup lancar, loh!

Keinginannya untuk menjadi penyanyi bermula saat menonton pertunjukkan Brian McKnight dan Johan Kim dengan membawakan lagu ‘One Last Cry’. Ia kemudian kembali ke Seoul dan menjadi trainee dari agensi SM Entertainment. Sebelumnya, Jinho telah mengikuti kontes menyanyi ‘Everysing Contest’ pada 2008 lalu dan berhasil menempati posisi pertama. Ajang yang sama juga diikuti oleh Xiumin EXO dan membawanya sebagai runner up.

Pada 2010, Jinho bahkan telah debut dengan grup lelaki besutan SM, yaitu SM the Ballad. Sebelum EXO debut, banyak penggemar yang menduga bahwa Jinho akan masuk dalam line up grup tersebut. Namun, namanya tidak tercatut. Baru pada 2015, ia memutuskan untuk hengkang dari SM Entertainment dan menjadi guru vokal di Modern K Academy. Jika ditotal, Jinho telah menghabiskan masa trainee selama 8 tahun sebelum akhirnya debut bersama PENTAGON.

Nah, Jinho kerap menunjukkan sisi dirinya yang kocak. Ia pernah mengaku tumbuh lebih tinggi 14 cm saat liburan musim dingin kelas 6. Pengakuan itu tak ayal dianggap bualan oleh member PENTAGON lainnya. Selain bersuara emas, ternyata Jinho juga bisa menirukan bunyi burung gagak, loh! Ia bercita-cita ingin menjadi pemilik gedung suatu saat nanti.

Penasaran kan dengan tipe wanita ideal Jinho? Idol yang juga aktif sebagai aktor musikal ini suka dengan wanita yang feminin. Ia pun mengaku tipe idealnya adalah perempuan dengan kuku yang menawan.

Jinho memulai wajib militernya pada 11 Mei 2020 lalu. Jika tidak meleset, ia diperkirakan akan bebas wamil pada 14 November 2021 mendatang. Siapa nih yang sudah kangen banget? Kita nantikan kepulangan Jinho, ya UNIVERSE!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *