K-Pop

Profil & fakta Bahiyyih, adik Huening Kai yang multilingual dan bertalenta!

Profil & fakta Bahiyyih, adik Huening Kai yang multilingual dan bertalenta!

Adik Huening Kai TXT, Bahiyyih, ramai menjadi sorotan warganet baru-baru ini. Bukan tanpa alasan, rupanya Bahiyyih telah dikonfirmasi untuk mengikuti acara survival show di Mnet mendatang, Girls Planet 999. Tak hanya memiliki paras yang cantik, Bahiyyih juga punya segudang fakta lain yang wajib kamu ketahui.

Penasaran apa saja fakta unik seputar Bahiyyih? Yuk, simak artikel berikut selengkapnya!

Profil keluarga

Bahiyyih memiliki nama lengkap Bahiyyih Jaleh Huening yang lahir pada 27 Juli 2004. Ia memiliki perbedaan dua tahun dengan sang kakak, Huening Kai. Nah, Bahiyyih diketahui lahir dan besar di China. Tak heran jika dia pandai berbahasa Mandarin. Bahkan, kakak perempuannya, Lea pernah membocorkan kalau Bahiyyih tidak bisa bahasa Korea sama sekali saat pertama kali pindah ke Negeri Ginseng ketika usianya 6 tahun.

Penasaran dengan latar belakang Bahiyyih? Ia memilliki ibu yang merupakan orang Korea. Sementara itu, ayahnya merupakan orang Amerika yang berdarah Polandia, Inggris, dan Jerman. Tetapi sang ayah sendiri lahir di Brazil, loh! Tak heran jika Huening Kai bisa bahasa Portugis Brazil, yang kemungkinan Bahiyyih juga fasih bahasa tersebut.

Sang ayah, Nabil Huening merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, serta aktor. Waduh, darah seninya kental banget ya chingu!

Nama unik

Bahiyyih Huening. Foto: Pinterest
Bahiyyih Huening. Foto: Pinterest

Penasaran gimana menyebutkan namanya dengan benar. Coba ucapkan “bah-hee-yeeh“. Kata tersebut berasal dari bahasa Persia. Jadi, nama Bahiyyih Jaleh berarti “embun yang penuh cahaya.”

Perjalanan karir

Huening Kai pernah mengungkapkan bahwa sang adik pernah mengikuti berbagai pelatihan. Pada awal tahun lalu, akademi tari tempat Bahiyyih berlatih juga memberberkan kalau Bahiyyih berhasil lolos tahapan audisi pertama YG Entertainment. Namun, sang kakak Lea menjelaskan kalau Bahiyyih tidak bergabung dengan agensi ternama tersebut.

“[Bahiyyih] telah melalui banyak hal, menjadi trainee untuk berbagai tempat berbeda dan sebagainya,” ujar Huening Kai.

Sejak audisi dengann YG Entertainment, akademi yang sama kembali mengumumkan kalau Bahiyyih lolos audisi untuk BE:LIFT LAB. Banyak yang beranggapan bahwa tempat tersebut menjadi tempat Bahiyyih berlatih selama satu tahun belakangan. Ia juga sempat digadang-gadang akan tampil dalam acara I-LAND untuk perempuan, yang sebelumnya melahirkan grup ENHYPEN.

Bertalenta

Meskipun belum resmi memasuki industri K-pop, namun Bahiyyih sudah sering menunjukkan talentanya dalam bernyanyi, bermusik, hingga dance. Dalam video berikut ini misalnya, ia unjuk vokalnya yang keren saat meng-cover lagu ‘Breathin’ milik Ariana Grande.

Nah, kalau yang ini sih aksi kece dan energik Bahiyyih saat meng-cover dance ‘Icy’ milik ITZY serta ‘Kill This Love’ milik BLACKPINK.

Multilingual

Terlahir dari kedua orang tua yang berbeda negara membuat Bahiyyih multilingual. Tak hanya bahasa Korea dan Inggris, Bahiyyih juga mahir bahasa Mandarin dan Portugis loh. Bahkan, ia pernah didapuk sebagai narator dalam program Mnet Asian Music Awards Worldwide Fans Choice berbahasa Inggris. Hal ini seperti terlihat dalam cuplikan video berikut.

Sering tampil di TV

Girls Planer 999 bukanlah acara TV pertama yang akan dibintangi Bahiyyih. Sebelumnya, ia dan keluarga sudah beberapa kali tampil dalam reality show di China. Dalam klip berikut, terlihat keseruan keluarga Huening saat menghabiskan waktu bersama.

Hal favorit

Setiap orang pasti memiliki hal kesukaan, tak terkecuali Bayyihi. Ia diketahui menyukai warna biru, stroberi, heruk, dan film Frozen. Selain itu, Bahiyyi juga dikenal suka memberikan dukungan untuk sang kakak, Huening Kai. Dalam video T:TIME, Taehyun TXT mengungkapkan kalau Bahiyyi rela menabung untuk memberikan kakaknya ponsel. Menurut Lea, Bahiyyih memang yang paling dewasa dari ketiga bersaudara tersebut.

Bahiyyih Huening dan Lea. Foto: Pinterest
Bahiyyih Huening dan Lea. Foto: Pinterest

Nah, itu tadi fakta unik seputra Bahiyyih Huening! Tak hanya cantik, dara muda yang satu ini juga berbakat dan stan-able banget, ya chigu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *