K-Pop

Produser BTS dan Twice bagikan tips membuat lagu untuk pemula

Produser BTS dan Twice bagikan tips membuat lagu untuk pemula


Candace Sosa, adalah seorang produser dan penulis lagu dari grup-grup ternama seperti BTS dan Twice. Ia dikenal sebagai produser handal yang telah menulis lagu untuk BTS seperti Euphoria milik Jungkook, Love Maze, Mikrokosmos, I’m Fine, Magic Shop, Moon, dan juga We Are Bulletproof : The Eternal. Selain itu Candace juga menulis lagu untuk Twice yang berjudul Depend on You dari album Eyes Wide Open.


Melalui channel Youtube AZODi, Candace merangkum 4 tips darinya untuk para untuk musisi atau calon produser pemula! Berikut adalah tipsnya


Mendengarkan lagu favorit dengan detail sebagai tips dari produser BTS dan Twice

Candace Sosa. foto: youtube/AZODi

Tips yang pertama ini tergolong yang paling mudah dan menyenangkan. Candace menyarankan untuk coba memperhatikan adanya sesuatu yang berbeda setiap kali mendengarkan lagu favorit kalian dan menyarankan untuk benar-benar memilih atau mendengarkan lagunya. Dengarkan detail kecilnya secara rinci seperti instrumen yang
bergerak di antara speaker kiri dan kanan. Selain itu dengarkan juga detail yang besar yakni perbedaan antara bagian gitar di tiap baitnya.


“Setiap kali aku mendengarkan, aku coba memperhatikan sesuatu yang tak aku ketahui sebelumnya.” ucap Candace.

Coba buat ulang lagu favoritmu

Candace Sosa. foto: youtube/AZODi

Ini adalah tahap kedua setelah kalian bisa mendengarkan secara rinci lagu favorit kalian, cobalah buat ulang musiknya. Meskipun tidak bisa membuatnya dengan sempurna, Candace Sosa berkata bahwa tahap ini patut untuk setidaknya dicoba. Ia mengatakan bahwa kalian mungkin bisa menemukan sesuatu di lagu aslinya. Bahkan jika musik yang kalian buat tidak terdengar seperti aslinya, kalian akan belajar bagaimana menggunakan teknik yang kalian dengar di rekaman aslinya.

Jangan pernah takut untuk gagal sebagai tips dari produser BTS dan Twice

Candace Sosa. foto: youtube/AZODi

Kegagalan bukanlah masalah yang besar menurut Candace, bahkan ketika kalian sudah berkali-kali mencobanya tapi masih tidak bagus. Jangan takut untuk bereksperimen dan mencoba hal baru. Tetap belajar dan jangan menyerah. Ia berkata, “Itu tidak masalah selama kalian terus melakukannya dan tetap gigih.”

Kegigihan dan kemajuan lebih penting daripada menciptakan lagu yang sempurna terutama apabila kalian masih sangat pemula.

Jangan sombong dan jadilah diri sendiri

Candace Sosa. foto: youtube/AZODi

Candace berkata, “Aku tidak akan pernah menjadi mereka dan mereka tidak akan pernah menjadi aku.”. Jangan mencoba untuk jadi lebih baik dari orang lain tetapi cobalah untuk jadi lebih baik dari hari sebelumnya. Juga jadilah diri sendiri, jangan jadi orang lain. Karena jika kalian percaya pada kemampuan sendiri dan mengesampingkan sikap sombong, usaha yang kalian lakukan setidaknya akan membuahkan hasil yang memuaskan. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *