Daebak

Potret mewah gedung 4 agensi musik Korea Selatan: SM, JYP, YG, dan Big Hit

Potret mewah gedung 4 agensi musik Korea Selatan: SM, JYP, YG, dan Big Hit

Siapa yang sudah tidak asing dengan agensi musik terbesar di Korea Selatan? Yap! SM Entertainment, JYP, YG, dan Big Hit merupakan 4 agensi terdepan dalam dunia hiburan k-pop. Selain sama-sama memiliki talent yang berbakat hingga aset yang mahal, keempatnya juga memiliki gedung yang mewah. Seperti apa sih gedung SM, JYP, YG, juga Big Hit?

Yuk, simak selengkapnya!

SMTOWN – SM Entertainment

Pada 2020 lalu, SM Entertainment menyatakan akan memindahkan SMTOWN ke Changwon. Bangunan baru tersebut nantinya akan dinamai sebagai ‘Cultural Playground’ dan ditaksir memiliki nilai yang fantastis, yaitu sebesar KRW 100 milyar (lebih dari Rp1 T). Gedung baru SMTOWN memiliki 10 lantai dan 4 lantai bawah tanah. Nantinya, gedung tersebut akan memiliki studio Hallyu, bioskop. toko oleh-oleh, restauran, kafe, hotel VR, dan masih banyak lagi. Tertarik berkunjung?

Gedung baru SMTOWN. Foto: kstarlive
Gedung baru SMTOWN. Foto: kstarlive

JYP Entertainment

Pada 2017 lalu, JYP Entertainment menyatakan akan memindahkan kantor pusat mereka ke gedung yang lebih besar. Gedung baru JYP Ent terletak di distrik Gangdong, Seoul dan tercatat bernilai sekitar USD 18 juta (Rp259 M). Bangunan tersebut terdiri dari 14 lantai dan dengan luas lebih dari 76 ribu meter persegi. Sebelum dipindahkan, diketahui gedung tersebut direnovasi terlebih dahulu.

Gedung baru JYP Entertainment. Foto: Koreaboo
Gedung baru JYP Entertainment. Foto: Koreaboo

YG Entertainment

Tak mau ketinggalan dengan SM dan JYP, YG Entertainment juga memiliki gedung mewah yang terletak di Hapjeong, distrik Mapo, Seoul. Gedung dengan tampilan futuristik tersebut dikanarkan memiliki 9 lantai atas dan 5 lantai bawah tanah. Luas bangunan sendiri mencapai 19,835 meter persegi.

Dilansir dari Soompi. YG telah membeli tanah yang akan dibangun gedung baru sejak 2012 lalu. Proses konstruksi sendiri dimulai sejak 2016 dan baru selesai empat tahun kemudian, 2020. Beberapa fasilitas yang terdapat di dalamnya antara lain, auditorium dua lantai, 7 ruangan latihan dance, 7 ruangan recording, 30 studio personal untuk para musisi dan penulis lagu. Selain itu, ada pula food court, ruang fitness, hingga fasilitas rekreasi.

Gedung baru YG Entertainment. Foto: Soompi
Gedung baru YG Entertainment. Foto: Soompi

Big Hit Entertainment (HYBE)

Big Hit Entertainment telah resmi mengganti nama dan konsep mereka. Kini, agensi yang menaungi BTS tersebut memiliki nama baru, yaitu HYBE. Gedung megah baru HYBE terletak di Hangang-daero, distrik Yongsan dan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian produksi entertainment, kantor, serta bagian kesejahteraan karyawan.

Gedung baru HYBE (Big Hit). Foto: Koreaboo
Gedung baru HYBE (Big Hit). Foto: Koreaboo

Lantai 1-6 digunakan untuk fasilitas produksi musik, mulai dari studio tari, film, wardrobe, hingga lounge. Lantai 8-16 digunakan untuk ruangan kantor. Kabarnya, terdapat zona fitness hingga perpusatakan untuk para karyawan dan talent HYBE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *