Daebak

Perbedaan saranghaeyo, saranghae, dan saranghanda: begini arti dan penjelasannya

Perbedaan saranghaeyo, saranghae, dan saranghanda: begini arti dan penjelasannya

Kita pasti sering mendengar ucapan saranghaeyo atau saranghae dalam drama ataupun lagu-lagu berbahasa Korea. Nah, kedua kata tersebut memang digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta terhadap seseorang. Namun, terdapat perbedaan konteks situasi yang membedakan penggunaan antara kedua kata tersebut.

Tak hanya itu, loh! Ternyata ragam kata ‘saranghaeyo’ sendiri terdiri dari beberapa macam. Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel berikut selengkapnya!

Saranghamnida

사랑합니다  (saranghamnida) merupakan kata yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan dalam versi formal. Pada umumnya, kata ini memang jarang digunakan. Namun, kamu bisa menemui kata ini di acara pernikahan atau saat sedang berbicara di hadapan sekelompok orang.

Saranghaeyo

사랑해요 (saranghaeyo) merupakan ungkapan yang paling umum dan standar digunakan. Itulah sebabnya kita sering menjumpai kata ini dalam berbagai drama ataupun musik. Untuk penggunaannya sendiri, kata ini dapat diaplikasikan tanpa menggunakan subjek (aku) dan objek (kamu). Nah, kalau kamu ingin menggunakan nama orang, maka susunan kalimatnya menjadi:

저는 (nama orang)씨를 사랑해요”
“jeoneun (nama orang) ssireul saranghaeyo”

Jika menggunakan nama orang, perlu diperhatikan hirarki antara dirimu dan orang tersebut, ya. Seperti diketahui, sosial hirarki di Korea sangat penting. Alangkah baiknya, kamu menggunakan kata ‘saranghaeyo’ kepada orang yang memang sudah akrab atau dekat denganmu.

Arti saranghaeyo. Foto: Freepik
Arti saranghaeyo. Foto: Freepik

Saranghae

 사랑해 (saranghae) merupakan kata yang digunakan untuk mengungkapkan kasih saying secara informal. Kata ini biasa digunakan untuk orang yang sudah sangat dekat denganmu. Jika kamu ingin menambahkan kata ‘aku’ dan ‘kamu’, maka susunan kalimatnya menjadi 나는 너를 사랑해 (naneun neoreul saranghae)

Saranghanda

Siapa yang pernah mendengar kata 사랑한다 (saranghanda) sebelumnya? Kata ini memang jarang ditemui dan biasanya digunakan dalam bentuk tertulis. Kamu mungkin akan menemukan kata ‘saranghanda’ dalam puisi atau esai mengenai cinta dalam litarur Korea.

My Holo Love. Foto: Instagram

Saranghaeng

Jika kamu ingin terdengar menggemaskan dengan pasanganmu, kamu bisa mengeluarkan sisi aegyo. Kata saranghaeng (사랑행) sendiri merupakan bentuk aegyo dari saranghae. Nah, sekedar tips, kamu juga bisa menggunakan kata ini untuk meledek orang lain dan membuat jengkel. Ingat, tapi sifatnya hanya sekedar bercandaan saja, ya!

Nado saranghae

Jika seseorang mengungkapkan perasaannya ke kamu, dan kamu ingin membalas itu, maka kata yang tepat untuk ini adalah나도 사랑해 (nado saranghae). Kalimat tersebut sendiri memiliki arti ‘aku juga mencintaimu’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *