K-Drama

Penayangan drama Joseon Exorcist dihentikan, Jang Dongyoon menyesal

Penayangan drama Joseon Exorcist dihentikan, Jang Dongyoon menyesal

Joseon Exorcist merupakan drama korea yang tayang perdana pada 22 Maret lalu melalui saluran televisi SBS. Drama ini menceritakan sejarah dinasti Joseon pada masa pemerintahan Raja Taejong. Sejak awal penayangannya, drama ini menuai banyak kritik dari masarakat karena menampilkan iklan makanan dari China yang dianggap telah menyimpang jauh dari sejarah yang ada.

Karena masalah tersebut, pihak saluran penayangan dan aktor utama drama ini menyampaikan permintaan maaf. Apakah kalian penasaran dengan tanggapan saluran siaran dan pemeran utama terkait masalah ini?

Joseon Exorcist. Foto: allkpop
Joseon Exorcist. Foto: allkpop

Pernyataan SBS

SBS sebagai saluran televisi yang menayangkan drama Joseon Exorcist memberikan pernyataan terkait laporan pembatalan penanyangan drama tersebut. SBS telah memutuskan pembatalan atas kontrak penayangan dan membatalan siaran setelah pihak produksi mengakui parahnya insiden yang terjadi sebelumnya.

Pihak SBS mengatakan bahwa mereka telah membayar sebagian biaya untuk hak penyiaran dan perusahaan produksi telah melakukan pembuatan film sebesar 80%. SBS juga mengaku bahwa akan menanggung kerugian ekonomi dan juga kesenjangan penjadwalan tayangan bagi SBS dan perusahaan produksi. Sehingga mereka memutuskan untuk bertangggung jawab dan membatalkan penayangan drama Joseon Exorcsit.

Permintaan maaf Jang Dongyoon

Jang Dong Yoon dalam drama Joseon Exorcist. Foto: SBS

Pada 27 Maret 2021, Jang Dongyoon yang merupakan pemeran utama drama dalam ini mengirim ucapan permintaan maaf melalui instagram pribadi.  Ia mengatakan bahwa ia menyesal dan tidak memahami masalah yang akan timbul karena pekerjaan yang ia tekuni. Ia mengaku bahwa ia telah ceroboh karena mengabaikan aspek sosial dari pekerjaan yang ia tekuni dan ia hanya melihat karya dari sudut pandangnya sebagai seorang aktor dan berusaha memainkan perannya menjadi karya yang kreatif. Jang Dongyoon dengan tulus meminta maaf dan akan berusaha untuk menunjukkan kinerja yang lebih baik sebagai aktor yang matang pada kesempatan yang akan datang.

Jang Dongyoon. Foto: Instagram

Drama Joseon Exorcist perdana tayang pada namun setelah pada penayangan episode pertamanya, drama ini menuai kontroversi. Drama tersebut menggambarkan sejarah korea yang menggunakan produk China seperti telur abad dan kue bulan China.

Karena hal tersebut, stasiun penyiaran SBS mengambil tindakan untuk membatalkan penayangan drama ini. Akibat penggambaran sejarah yang tidak sesuai, sekitar 20 perusahaan yang telah membuat perjanjian iklan untuk drama Joseon Exorcist akhirnya ditarik keluar, termasuk perusahaan-perusahaan besar seperti BLACKYAK, Bodyfriend, Ace Bed, Hite Jinro, dan KT.

Sebelumnya, pihak SBS berencana akan mengedit bagian-bagian yang menuai kontroversi tapi usaha tersebut tidak akan berpengaruh karena lebih dari 184.000 orang yang telah menandatangani petisi yang dikirim ke Blue House untuk menghapus penyiaran drama ini secara permanen. Itulah pernyataan dari pihak SBS dan pemeran utama drama Joseon Excorcist Jang Dongyoon. (CTH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *