Gosip

Lotus Lantern Parade di Korea dibatalkan akibat pandemi

Lotus Lantern Parade di Korea dibatalkan akibat pandemi

Lotus Lantern Parade adalah festival tersendiri di Korea Selatan yang diadakan setiap setahun sekali. Perayaan tersebut banyak dilakukan pada jaman Dinasti Silla. Biasanya turis yang berasal dari banyak negara akan berdatang semakin dekat dengan harinya. Dalam perayaan ini biasanya aka nada banya pertujukan, aktivitas tradisional, dan pameran lantern. Kemeriahan tersebut dibatalkan menanggapi Korea Selatan mungkin akan menghadapi gelombang ke-4 pandemi Covid-19.

Lotus Lantern Parade. Foto: Instagram

Sudah diumumkan bahwa Lotus Lantern Parade sudah dibatalkan

Pandemi kali ini memang tidak bisa dianggap remeh. Pemerintahan Korea Selatan sudah menggunakan segala macam cara guna menekan transmisi dari virus ini. Masalahnya walau sudah ditekan pun, dalam dua minggu terakhir sempat terjadi ledakan kasus baru. Ada banyak masyarakat yang mengidapnya dan membuat Seoul menjadi kota yang kurang aman dari transmisi lokal. Semua warga yang bertempat tinggal di apartemen perlu lebih berhati-hati, karena transmisi bisa lebih cepat di kawasan padat penduduk.

Beberapa club dan bar yang biasanya ramai dikunjungi dilarang dibuka oleh pemerintah. Sedangkan tempat-tempat public yang masih menunjang kebutuhan pokok tetap diperbolehkan buka dengan ketentuan waktu yang diatur. Selain itu terdapat larangan yang menyatakan bahwa tidak boleh ada orang berkumpul dalam jumlah 5 atau lebih. Jumlah tersebut dianggap bisa menyebabkan virus lebih mudah menyebar dan meresahkan masyarakat.

Berita dibatalakannya Lotus Lantern Parade ini terjadi pada hari ini. Semua komunitas yang berhubungan sudah dihubungi dan menyatakan membatalkan perayaan tersebut. Pembatalan dari banyak perayaan juga sudah terjadi sejak setahun lalu, karena masalah pandemic belum bisa diatasi secara baik.  

Korea Selatan menggalakkan program vaksinasi

Korea Selatan sudah mulai menggalakkan program vaksinasi kepada masyarakatnya. Hal ini dilakukan demi membantu negara cepat bangkit. Prosedur pelaksanaan vaksinasi ini juga sangat mudah dan bisa kamu simak di banyak media Korea Selatan. Seluruh masyarakat yang mendapatkan vaksin akan dihubungi melalui SMS, telepon, maupun aplikasi mobile lainnya. Selanjutnya masyarakat hanya perlu unutk melakukan reservasi yang berhubungan dengan penetapan tanggal dan tempat.

Prosedur berikutnya adalah seluruh penerima vaksin harus datang 30 menit sebelum mendapatkan vaksinasi dan membawa ID card masing-masing. Proses pemberian vaksin akan ditunda ketika ada yang mengalami demam. Kemudian akan dilakukan vaksinasi dan mendapatkan pemantauan setelah melaksanakan vaksinasi.

Belajar dari apa yang terjadi di Korea Selatan, kita sebagai warga Indonesia juga harus mendukung program vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Usahakan sebelum vaksinasi untuk menjaga kesehatan supaya badan tetap fit. Penjagaan imunitas juga perlu dilakukan setelah vaksinasi. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *