BTS gagal bebas wamil, tapi pemerintah jamin para member tetap bisa lakukan ini

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 15:14 WIB
BTS. Foto: Grammy
BTS. Foto: Grammy

Hops.ID - Wamil atau wajib militer menjadi kegiatan yang harus dilakukan pria dewasa dengan rentang usia 18-28 tahun di Korea Selatan. Begitu pula dengan Bangtan Boys atau yang dikenal sebagai BTS.

Namun, simpang siur pembebastugasan BTS dari wajib militer sudah terdengar sejak lama. Sebelumnya, grup asuhan HYBE itu sudah mendapat perpanjangan waktu selama 2 tahun untuk menunda wamil

ARMY beranggapan BTS layak dibebastugaskan dari wamil karena kontribusinya dalam peningkatan ekonomi Korsel hingga torehan berbagai prestasi di kancah internasional.  

Baca Juga: Gokil! Junho 2PM dapat bayaran lebih dari Rp1 M per episode setelah bintangi The Red Sleeve

Desakan agar BTS bebas wamil

Menteri Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga Korsel, Hwang Hee sebelumnya telah mengajukan gagasan agar atlet dan musisi berprestasi dapat 'menukar' wajib militer dengan program alternatif lain, sebagai imbalan atas jasa mereka mengharumkan nama negara. 
 
Hwang Hee juga meminta parlemen mengesahkan Undang-Undang yang mendukung gagasannya secepat mungkin. Nah, lantaran hal ini, ARMY pun beramai-ramai mendukung agar BTS dapat bebas wamil
 
Menurut ARMY, BTS sudah memiliki banyak prestasi, seperti berhasil masuk nominasi Grammy hingga menembus pasar internasional. 
 
BTS juga berkontribusi untuk perekonomian Korea Selatan setidaknya sebanyak 1 trilliun KRW. Pada 2019 saja, BTS mampu menyumbang USD 4,7 juta ke kas Korsel. 
 
Tak heran jika boyband ini digadang-gadang sebagai aset negara dan wajah K-pop masa kini.
Bahkan beberapa kali BTS menampilkan bakatnya di panggung acara bergengsi di Amerika. 
 
Jika BTS bebas wamil, maka mereka adalah group K-pop pertama yang berhasil bebas wamil.  Sementara di Korea Selatan sendiri, hanya beberapa atlet Korea Selatan saja yang bisa dibebastugaskan karena berhasil dalam kejuaraan bergengsi. 
 

Menteri Pertahanan Nasional Korsel buka suara

Menteri Pertahanan Nasional Korea Selatan, Lee Jong Sup akhirnya buka suara. Ia menegaskan, BTS tak mendapatkan perlakuan spesial dan akan tetap menjalani wajib militer sebagaimana yang ditetapkan pemerintah. 
 
Tetapi ketujuh member masih tetap bisa melakukan penampilan atau perform
 
"Setelah pertimbangan, Kementrian Pertahanan Nasional dapat membantu mereka berlatih dan tampil untuk keuntungan nasional tanpa melanggar prinsip keadilan dan kesetaraan," kata Lee Jong Sup dilansir dari Allkpop pada 2 Agustus 2022. 
 
Salah satu anggota tertua BTS yang akan menjalani wamil pada akhir tahun yaitu Jin atau Kim Seokjin. 
 
 
Setelah menunda wamil hingga usia 30 tahun, Jin harus mengikuti kegiatan tersebut sesuai peraturan Undang-Undang yang berlaku. Ketujuh anggota akan mengikuti dinas militer tersebut selama waktu dua tahun. 
 
Sementara Suga mungkin akan menyusul Jin di tahun berikutnya. Kemudian diikuti oleh member lain seperti J-Hope, RM, V, Jimin, dan Jungkook
 
Kabar ini membuat ARMY di seluruh dunia memberikan reaksi beragam. Meski banyak yang menyayangkan sikap pemerintah, namun tak sedikit pula yang mengapresiasi hal tersebut.***
 

Editor: Nariyati

Sumber: Allkpop

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu Arson - J-Hope BTS

Senin, 8 Agustus 2022 | 12:54 WIB

Lirik lagu Cheers - SEVENTEEN

Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:02 WIB

Yeji ITZY mengusir lipan besar yang ada di asrama

Minggu, 3 Oktober 2021 | 11:00 WIB
X