Daebak

Korsel kembangkan camostat untuk obat Covid-19, uji klinis di Indonesia

Korsel kembangkan camostat untuk obat Covid-19, uji klinis di Indonesia

Sejak merebak pada 2019 lalu, hingga kini angka penderita Covid-19 masih tinggi. Vaksinasi yang berlangsung di beberapa belahan negara, termasuk Indonesia diharapkan dapat menekan laju penyebaran virus corona. Selain vaksinasi, upaya untuk menemukan obat untuk mengakhiri pandemi masih terus dilakukan. Korea Selatan saat ini sedang mengembangkan obat Covid-19 baru dengan bahan dasar camostat. Seperti apa, simak di bawah ini yuk.

Uji klinis camostat untuk obat Covid-19

Dikutip dari suara.com, uji klinis obat Covid-19 berbahan dasar camostat akan dilakukan oleh PT Daewoong Infion terhadap pasien Covid-19 di Indonesia. Uji klinis ini telah disetujui oleh kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Uji klinis yang dilakukan oleh PT Daewoong memiliki 3 fase. Pertama untuk gejala ringan, sedang dan akut. Namun uji klinis yang tepat menggunakan pengobatan camostat adalah untuk pasien Covid-19 bergejala ringan atau tanpa gejala. Dilihat dari hal itu, camostat dapat digunakan pula sebagai pencegahan Covid-19.

llustrasi uji coba obat Covid-19. Foto: Pexels
llustrasi uji coba obat Covid-19. Foto: Pexels

Pengujian klinis obat Covid-19 dengan bahan dasar camostat tidak sembarangan. Pasalnya, uji klinis tersebut katanya telah mengikuti standar Internasional. Upaya tersebut telah ditentukan oleh Organisasi afiliasi pemerintah Indonesia yaitu The National Institute of Health Reserach and Development atau jika disingkat disebut (NIHRD). Uji klinis tersebut juga dilakukan di berbagai negara seperti Korea, Australia, dan India. Untuk kerjasama dengan Indonesia dilakukan pertemuan di hotel Hilton, Seoul tanggal 30 Maret 2021 yang melibatkan kementerian Indonesia dan Korea.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa pengembangan obat Covid-19 yang akan dikerjakan oleh Korea Selatan berbahan dasar camostat, sebuah zat yang dapat mencegah sebuah pertumbuhan virus. Camostat menghambat pertumbuhan sel inang virus yang ada dalam tubuh manusia. Selain itu, camostat mampu meredakan peradangan atau gejala peradangan. Camostat dapat menjadi alternatif dan menghambat rasa sakit akibat peradangan bagi penderita Covid-19.

Itulah konsep yang akan dikembangkan Korea Selatan perihal penemuan atau pengembangan obat Covid-19. Tunaikanlah kewajiban kepada pencipta tunggal alam semesta, sebagai makhluk ciptaan dan makhluk sosial. Jaga kesehatan, ya. (CTH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *