K-Pop

Koreografi grup VS. koreografi solo, mana yang lebih sulit dibuat? 

Koreografi grup VS. koreografi solo, mana yang lebih sulit dibuat? 

Dunia kpop pasti identik dengan gerakan tari atau koreografi. Dan setiap grup punya gerakan khas mereka masing-masing. Bukan hanya idol grup, penyanyi solo juga punya tarian mereka sendiri. Gerakan mereka itu biasanya menyesuaikan apa yang terdengar di dalam lagu yang mereka tampilkan ataupun liriknya. Lantas apa yang menjadi sebuah perbedaan koreografi dari grup maupun penyanyi solo? Manakah yang lebih sulit pembuatan koreografinya? 

Kali ini, ada sebuah grup dance asal Korea Selatan yang bernama Lachica yang siap memberi jawaban dari pertanyaan di atas. Mereka membedakan tarian idol grup Twice dan juga koreografi penyanyi solo seperti IU. Saat itu mereka bertiga mengunggah video reaksi mereka terhadap penampilan Twice yakni ‘Perfect World’, sambil mengomentari dance Twice. 

Lachica. Foto: youtube/La Chica

Salah satu di antara anggota Lachica yang bernama Simeez mengatakan bahwa mempersiapkan tarian idol grup akan membuat mereka bekerja dua kali lipat dari biasanya. Itu adalah hal yang cukup sulit mengingat ada banyak anggota dalam sebuah grup. Dalam mengumpulkan semua kata kunci akan sangat membutuhkan banyak ide. 

Mereka bukan hanya mencocokkan gerakan tarian dengan lirik, tetapi mereka juga harus membuat koreografi yang bisa menjadikan dan memastikan semua anggota di dalam grup tersebut tampil keren dari awal lagu hingga akhir! 

Twice. Foto: pinterest

“Coba untuk mencocokkan lirik lagu sambil harus tetap memastikan semua anggota terlihat bagus, itu adalah hal yang sangat sulit.” ungkap Simeez. Anggota Lachica yang lain, Gabee mulai membandingkan antara tarian grup dengan penyanyi solo. Ia menjelaskan mengapa membuat gerakan tarian untuk penyanyi solo lebih mudah daripada idol grup. 

Menurut mereka, artis solo lebih mudah dibuat koreografinya karena mereka akan selalu berdiri sendiri di atas panggung. Dan ini akan memudahkan seorang koreografer karena ia hanya harus membuat tarian untuk artis solo itu saja dan tidak akan memikirkan orang lain. 

IU. Foto: pinterest

Gabee mengatakan, “Untuk artis solo, itu akan sangat mudah karena mereka hanya akan berdiri di tengah panggung. Kita hanya perlu membuat satu orang itu terlihat baik.” 

Jika dalam kasus grup seperti Twice, mereka berpendapat kalau membuat dance untuk mereka itu sulit dikarenakan mereka harus membuat gerakan untuk banyak member dan mereka juga harus memastikan semuanya tampil sempurna hingga akhir tanpa terkecuali. Mereka juga harus memancarkan banyak sekali ide yang cemerlang. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *