K-Pop

Kerasnya perjuangan di masa trainee para idol K-pop

Kerasnya perjuangan di masa trainee para idol K-pop

Menjadi seorang artis memang tidak mudah dan harus melalui masa masa yang sulit. Di Korea Selatan, para idol kpop atau artis diwajibkan untuk mengikuti masa trainee sebelum debut ketika masuk ke sebuah agensi. Masa durasi mereka untuk menjadi trainee pun tidak sebentar, meskipun ada yang hanya beberapa hari atau hanya beberapa jam, ada juga artis yang menjalani masa trainee hingga bertahun tahun.

Perjuangan mereka juga tentunya tidak mudah Untuk bisa melewati segala rintangan dan hambatan agensi, mereka harus memiliki jiwa yang kuat dan tahan banting menerima kritikan kritikan pedas yang dilontarkan para juri,
maupun para trainee yang lain. Selain itu, latihan dance, vokal, dan rap yang tiada henti terkadang membuat mereka frustasi.

Di samping itu mereka juga tidak diperbolehkan melakukan hal-hal yang dilarang agensi, seperti banyak makan, menjalin hubungan dengan lawan jenis, dan lain sebagainya. Tidak heran jika banyak dari trainee yang terpaksa pulang
atau mengundurkan diri sebelum debut karena tidak tahan dengan kerasnya perjuangan pada masa masa menjadi trainee.

Trainee YG Entertainment. Foto: YouTube
Trainee YG Entertainment. Foto: YouTube

Mereka yang ingin debut selain harus kuat, juga harus benar benar memiliki bakat yang dapat dibanggakan dan visual yang mendukung. Para artis atau idol yang berhasil menandakan bahwa kemampuan mereka diatas rata rata. Karena kunci dari keberhasilan idol kpop untuk bisa bertahan hingga bisa debut adalah rasa sabar, kesungguhan,
dan ketekunan. Jika mereka mempunyai sifat yang demikian, maka terdapat kemungkinan untuk bertahan dan setidaknya tidak dinyatakan seratus persen gagal.

Masa masa trainee memang masa masa yang paling sulit. Apalagi bagi para artis atau idol kpop yang berasal dari
luar Korea Selatan atau bisa dikatakan warga asing. Mereka yang bukan berasal dari negara Korea dan tidak menggunakan bahasa Korea sebagai bahasa ibu, sudah pasti awalnya merasa kesulitan terutama dalam hal berkomunikasi. Mereka harus mempelajari bahasa baru dan harus bisa beradaptasi dengan budaya dan lingkungan baru. Bayangkan betapa sulitnya perjuangan mereka.

Walaupun di awal masa trainee mereka banyak mengalami kesulitan dalam hal berkomunikasi, tetapi kegigihan dan ketekunan dalam belajar bahasa dan adaptasi dengan lingkungan baru perlahan lahan akan membawa mereka menemukan titik terang dan mulai berdamai dengan diri sendiri. Culture Shock sudah pasti dirasakan oleh para idol kpop dari negara asing di masa masa trainee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *