Gosip

K-pop spoiler, agensi larang idol untuk membocorkan proyek

K-pop spoiler, agensi larang idol untuk membocorkan proyek

Untuk sebuah proyek baru semacam comeback atau perilisan lagu dan album baru, biasanya agensi akan sangat menutup rapat agar proyek untuk idol mereka tersebut jangan sampai bocor ke publik walau hanya sedikit. Namun, kadang kala para idol mereka sendiri memberikan sedikit bocoran atau spoiler tentang proyek baru mereka yang sedang dipersiapkan atau dalam hitungan waktu siap untuk dirilis. Hal tersebut nyatanya bisa menimbulkan masalah yang cukup rumit bagi pihak agensi setelah idol K-pop bocorkan spoiler.

Dalam sebuah video yang diunggah dalam kanal YouTube AYO beberapa waktu yang lalu, hadir yakni Yoo Seon Mi dan Yoon Ho Joon, yang tak lain adalah direktur bisnis dari agensi FirstOne Entertainment yang berdiri pada tahun 2019 yang lalu, agensi ini menjadi tempat bernaung di antaranya solois Kisum dan gurp 1st.One. Agensi FirstOne Entertainment sendiri berbasis di Filipina.

Namun sebelum mereka bedua menduduki jabatan mereka sekarang, mereka pernah bekerja di agensi JYP Entertainment selama beberapa tahun, dan turut menangani artis-artis yang berada di bawah naungan JYP Entertainment seperti, Wonder Girl, Miss A, dan juga grup 2PM.

Dalam video di kanal YouTube AYO tersebut mereka mengungkapkan alasan mengapa mereka berharap bahwa para idol tidak lagi melakukan spoiler atau memberikan sedikit bocoran tentang projek baru mereka.

Ini masalah waktu

Mungkin sebagian dari kamu akan mengira bahwa spoiler mungkin bisa memberikan pengaruh terhadap prospek pencapaian finansial atau keuangan dari projek comeback para idola, tetapi yang sebenarnya menjadi masalah utama adalah soal timing atau waktu. Dalam kesempatan tersebut mereka berdua mendapatkan berbagai pertanyaan dan salah pertanyaan yang kemudian muncul adalah perihal berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat sebuah album dan mengapa para fans atau penggemar sampai merasa harus menunggu begitu lama untuk sebuah album baru dari idola kesayangan mereka.

man in black crew neck shirt
Dilarang spoiler. Foto: Unsplash

Para idola K-pop ingin segera berbagi kabar baik melalui spoiler?

Terkait pertanyaan tersebut Yoon Ho Joon berusaha menjelasnkan, dia mengatakan bahwa sebagian besar idola mungkin akan sesegera mungkin memberitahu para penggemarnya bahwa mereka akan merilis sebuah album baru misalnya.  Para idola tentu tahu betapa para penggemar mereka sangat menginginkan mendengar kabar comeback mereka, dan mereka tentu sangat ingin segera memberitahukan kabar baik tersebut, dan kadang memberikan sedikit spoiler seperti  memberitahukan kalau album baru mereka akan keluar pada saat musim panas misalnya.

Jadwal bisa saja berubah

Tentang hal tersebut, Yoon Ho Joon mengatakan terdapat banyak situasi ataupun kondisi yang bisa saja mempengaruhi jadwal perilisan album yang telah direncanakan, termasuk faktor-faktor yang berasal dari luar maupun dalam dari perusahaan. Meski Hoo Joon tidak secara rinci mengungkapkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hal tersebut, dia mengatakan beberapa faktor, misalnya faktor dari dalam seperti comeback-nya artis lain dalam agensi yang sama atau masalah keuangan perusahaan, lalu untuk faktor yang berasal dari luar perusahaan yang berada di luar kendali pihka perusahaan misalnya seperti terjadinya Pandemi Covid-19, yang tentu sebelumnya tidak bisa.

Oleh karena itu, Ho Joon kemudian menjelaskan bahwa jadwal perilisan album ataupun jadwal lainnya seringkali harus mengalami perubahan atau ditunda dan kadang melewati waktu yang sebelumnya telah ditentukan.

Tolong jangan spoiler K-pop lagi

Yoon Seon Mi kemudian juga turut memberikan penjelasan bagaimana sedikit spoiler tentang sebuah projek baru atau comebacke bisa menimbulkan atau menjadi  masalah. Meski saat spoiler para idol kelihatan sedang memberikan service yang baik kepada penggemar, tetapi di sisi lain spoiler seakan merupakan sebuah janji yang tidak selalu bisa ditepati. Seon Mi mengatakan bahwa jika para idola mengungkapkan tentang hal-hal yang tidak disetujui oleh agensi, maka para staf lah yang harus bergerak untuk segera menyelesaikannya. Dia kemudian meninggalkan pesan dan berharap kepada para idola untuk tidak lagi spoiler. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *