K-Pop

JYP ungkap mengapa mereka berhenti mempekerjakan pekerja magang

JYP ungkap mengapa mereka berhenti mempekerjakan pekerja magang

Salah satu agensi musik terbesar di Korea Selatan, JYP Entertainment sudah tidak lagi mempekerjakan pekerja yang magang atau Internship di sana. Agensi yang berdiri sejak tahun 1997 dan menaungi artis-artis populer dan legendaris seperti Twice, ITZY, Stray Kids, Day6 dan lain-lain ini dulu sempat membuka pekerja magang untuk perusahaan mereka.

JYP mengungkapkan alasan berhenti membuka pekerjaan magang

Gedung agensi JYP Entertainment. Foto: Koreaboo
Gedung agensi JYP Entertainment. Foto: Koreaboo


Seperti yang dilansir Koreaboo, Park Jin Young pernah memutuskan untuk membuka sistem magang. Namun kemudian setelah evaluasi beberapa waktu memutuskan pembukaan sistem magang diberhentikan. Di sebuah video yang ditayangkan oleh Mnet, Park Jin Young berkata, “Kami memberhentikan para pekerja magang di perusahaan kami. Karena terlalu banyak orang yang meminta bantuan (secara pribadi) kepadaku. Ini menjadi sebuah sistem yang tentunya bisa mendorong persaingan yang tidak sehat.” Pernyataan tersebut juga dijabarkan melalui akun Instagram JYP yaitu @asiansoul_jyp dengan adanya postingan berupa video dengan caption sebagai berikut.

Unggahan JYP. foto: instagram/asiansoul_jyp

JYP menjelaskan bahwa ada banyak sekali orang yang memohon agar anak-anaknya bisa magang di perusahaannya. Tujuannya adalah mempermudah anak-anak tersbeut ketika akan melamar pekerjaan. Merasa tidak nyaman terhadap hati nuraninya, akhirnya JYP mutlak meniadakan pekerjaan magang di perusahaannya.

Membantu anak-anak mereka menjadi bermanfaat sama dengan membuat anak-anak lain menjadi tidak beruntung. Aku tidak bisa menjadi bagian dari membuat dunia ini menjadi tidak adil. Jadi kami memutuskan untuk menghilangkan sistem magang kami 3 tahun yang lalu.”. Inti dari pernyataan sang pemilikperusahaan tersebut adalah terdapat banyak sekali pekerja magang yang meminta bantuan pribadi agar mereka dipermudah di sana, tetapi JYP tidak ingin melakukannya karena menganggap hal tersebut adalah tindakan yang tidak benar. JYP juga merasa bersalah jika mereka melakukannya karena bisa menutup kesempatan pekerja lain yang memiliki keterampilan asli mereka sendiri dan yang sudah berjuang mati-matian.

Park Jin Young JYP. foto: youtube/Mnet

Namun, JYP membuka sistem magang baru hasil kerja sama dengan Mnet. Ia meminta calon magang yang benar-benar menjanjikan untuk melamar ke perusahaannya dengan jaminan bahwa mereka akan dipertimbangkan secara adil dan seimbang.

Park Jin Young juga menegaskan bahwa perusahaannya akan mengadakan magang yang ditujukan untuk merekrut karyawan tetap. Ia melanjutkan, “Perusahaan kami memiliki beberapa posisi. Kami akan menempatkan anda pada posisi yang sesuai dengan bakat dan keterampilan anda. Terapkanlah dengan penuh percaya diri!”.

Dengan tata kelola dan sistem kepemimpinan yang baik dan benar, tak heran jika ia menjadi salah satu agensi yang besar di Korea. Apakah kamu tertarik untuk magang di sana? (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *