Gosip

Hanlim Multi Art School berpeluang untuk ditutup, apa penyebabnya?

Hanlim Multi Art School berpeluang untuk ditutup, apa penyebabnya?

Hanlim Multi Art School merupakah salah satu sekolah menengah atas seni yang ada di Korea Selatan yang bertempat di Distrik Songpa, Seoul. Dilansir dari Wikipedia,  sekolah Hanlim memiliki 6 departemen seni yaitu Departemen penyiaran dan hiburan, Departemen teater musik, Departemen Tarian Praktik, Departemen Musik Terapan, Departemen Model Fashion, dan Departemen Pembuatan Film. Baru-baru ini tetrdapat sebuah artikel yang dirilis oleh Economy Asia yang mengungkapkan bahwa sekolah Hanlim memiliki peluang untuk ditutup. Apakah kalian penasaran dengan penyebab akan ditutupnya sekolah Hanlim? Yuk kita simak.

Wooyoung at Hanlim HIgh School. Foto: Instagram

Artikel dari Economy Asia terkait sekolah Hanlim

Media Economy Asia merilis artikel yang terdapat pada papan buletin Kantor Pendidikan Metropolitan Seoul oleh anggota staff Hanlim. Disana tertulis bahwa 21 staff dari sekolah Hanlim telah meninggal sekolah pada akhir tahun 2020. 14 pegawai termasuk guru diberi tahu tentang cuti yang tidak dibayar dan pemecatan. Dikabarkan juga hanya tersisa 31 pegawai yang akan direncanakan pemotongan gaji kepada pegawai yang tersisa.

Pernyataan dari staff Hanlim

Salah satu staff Hanlim mengatakan bahwa sekolah telah menuntut cuti tidak dibayar dan pemotongan gaji yang dilakukan selama kurang lebih 4 bulan. Sebagian guru juga digaji kurang dari upah mininum per jam. Dinas pendidikan hanya memberikan alasan untuk tidak mengizinkan.

Hanlim Multi Art School dituntut untuk mengubah menjadi korporasi

Hanlim didirikan oleh mendiang Lee Hyun Man, Hanlim memiliki fasilatas seumur hidup yang telah diakui latar belakang akademisnya di bawah Lifelong Education Act. Semenjak Lee Hyun Man pada bulan Februari lalu Hanlim mengalami banyak masalah. Ditambah dengan adanya revisi UU Pendidikan yang mengharuskan institusi pendidikan hanya dapat dikelola oleh korporasi/ perusahaan dan jika Hanlim tidak segera mengubah menjadi perusahaan maka sekolah Hanlim harus ditutup, karena Hanlim bukanlah korporasi.

Ternyata sekolah Hanlim telah mengajukan konversi perusahaan ke Kantor Pendidikan Metropolitan Seoul pada awal bulan April ini. Tapi karena Hanlim mengalami kesulitas dalam keuangannya, hal ini dirasa akan sulit dilakukan. Menurut Undang-Undang Pendidikan Seumur Hidup di Korea Selatan, Dinas Pendidikan sulit untuk campur tangan dalam fasilitas hal fasilitas sekolah.

Diketahui bahwa Hanlim tidak lagi merekrut siswa baru pada tahun ini, dan hanya tersisa 6 kelasa id kelas dua dan tiga. Sekolah Hanlim beroperasi tanpa adanya siswa tahun pertama pada tahun ini. Jika Hanlim tidak mengubah menjadi perusahaan, maka sekolah ini akan beroperasi sampai siswa yang tersisa lulus dan tidak dapat merekrut siswa baru pada tahun depan.

Itulah penyebab sekolah Hanlim dapat berhenti beroperasi. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *