Daebak

Hanguk, alasan warga lokal menyebut Korea Selatan dengan panggilan itu

Hanguk, alasan warga lokal menyebut Korea Selatan dengan panggilan itu

Korea memiliki dua bagian menurut sudut pandang di beberapa negara lain. Dua bagian dari Korea yang dimaksud adalah Korea Selatan dan Korea Utara. Korea Selatan terkenal dengan kemajuan dan kebebasan layaknya seperti beberapa negara lain. Sedangkan Korea Utara didunia ini dikenal sebagai negara yang otoriter. Pemerintahan berpusat pada kendali penuh Presiden. Warga diluar Korea atau warga asing sering menyebut negara itu dengan Korea. Namun nih ternyata untuk masyarakat asli Korea jarang sekali menyebutkan Korea sebagai negaranya saat berada di Korea. Mereka lebih menyebut Korea sebagai Hangguk. Untuk warga Korea sendiri penyebutan Korea Selatan dan Utara terdapat istilah khusus. Penasaran gak? Kenapa ya warga lokal panggil Hanguk, simak yuk.

car passing through road beside building
Perkotaan di Korea. Foto: Unsplash

Nama Korea

Dalam masyarakat luar secara konvensional menyebutkan negara Korea berdasarkan bagian. Namun nih ternyata penyebutan Korea hanya dilakukan oleh pihak luar atau disebut sebagai eksonim. Untuk istilah Korea diambil dari sebuah kerajaan. Kerajaan tersebut berdiri sekitar tahun 918. Kerajaan tersebut adalah kerajaan Georyeo. Korea menggunakan bahasa daerah dengan bahasa Hangul dan Ganja. Dalam bahasa Hangul adalah Georyeo sedang dalam bahasa Ganja adalah Koryo atau saat ini bisa disebut dengan Korea. Nama Korea itulah yang digunakan untuk menyebut negara. Hanya saja dibagi setiap wilayah, yakni Korea Selatan dan Korea Utara.

Penyebutan dalam negeri untuk Korea adalah Hanguk

Korea Selatan memiliki sebuah julukan sesuai nama kerajaan, julukan tersebut adalah Hangul, Daehan, Minguk, Namhan, bahkan Han Selatan. Sedang Korea Utara pun julukannya berdasarkan nama kerajaan yaitu Choson, Pukchoson Utara atau Choson Utara. Julukan untuk Korea Selatan Han atau Hanguk, Daegann, Minguk diambil dari tiga kerajaan. Kemudian disingkat lah menjadi tiga Han. Hal tersebut ternyata mengacu pada Samhan yang ada pada abad ke tujuh. Itulah mengapa orang Korea Selatan seringkali menyebutkan Korea Hanguk, diambil dari tiga Han yang utama.

Penyebutan Korea Utara pada Korea Selatan

Untuk kedua negara Korea tersebut memiliki keterkaitan. Korea Utara dalam menyebut negara Korea Selatan tidaklah sama dengan penyebutan negara lain untuk Korea Selatan. Pasalnya, Korea Utara jika menyebut Korea Selatan adalah Chuson Selatan atau Namjoson. Untuk semua tetap bersyukur, menunaikan kewajiban sebagai makhluk ciptaan dan makhluk sosial karena kelak kita akan meninggalkan dunia dan dimintai pertanggung jawaban. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *