K-Pop

Grup Rookie Korea yang dinantikan pada tahun 2021

Grup Rookie Korea yang dinantikan pada tahun 2021

Grup rookie bisa diartikan dengan grup pendatang baru atau grup yang baru debut. Dilansir dari Naver grup rookie Korea yang telah debut tahun 2020 sangat istimewa. Reporter Jeong geon mengatakan bahwa pandemi Covid-19 mengakibatkan industri musik tergolong stagnan.

Namun pada tahun ini terlihat banyaknya grup rookie yang debut dan comeback. Grup idol rookie yang debut dan comeback antara lain: Dastin, Darkbee, Signature, MCND, Mist, TOO, Cravity, Elegant, Secret Number, Red Square, Elast, Weekly, Treasure, Luna Solar, Ghost Nine, Weai, Black Swan, Powon, Harmony, Drippin, Stayc, Aespa, Bling-Bling, BAE 173, dan Enhypen.

Fakta Grup Rookie

Tahun 2020 ini kurang lebih sekitar 30 tim yang tergolong grup rookie yang sedikit lebih banyak dari tahun sebelumnya. Grup rookie yang disebutkan berasal dari agensi kecil maupun besar.

Pejabat industri musik Korea mengatakan bahwa “Meningkatkanya pasien Covid-19 mengakibatkan ketidakpastian pasar kpop. Hal itu berdampak pada agensi kecil yang cenderung melemah. Tidak dapat dipungkiri untuk agensi besar seperti SM, YG, BIGHIT lebih mudah dalam promosi. Selain itu, terlihat juga sebagian besar perusahaan terkemuka di Korea termasuk agensi Afiliasi FNC, Starship, CJENM, dan Kakao M ikut memasarkan grup rookie mereka sehingga persaingan tampak lebih banyak. Faktanya agensi terkemuka maupun kecil di masa ini tidak terlalu terpengaruh. Adapula grup yang berasal dari agensi kecil dapat melejit dikalangan masyarakat lokal maupun luar. Hal itu dilihat dari cara mereka memainkan panggung dan menarik penggemar”.

Cravity. Foto: Instagram

Grup idol yang dinantikan

Terdapat 7 tim boys grup dan girls grup yang telah dinantikan penggemar. Grup-grup rookie ini tergolong sudah melejit saat pertama mereka debut. Diantaranya yaitu Cravity, saat ini boy grup tersebut telah memenangkan banyak penghargaan seperti menang “2020 Melon Music Awards dan The fact Music Awards”,  Treasure yang sudah memenangkan Rookie of the Year 2020 dan Mnet Asean Music Awards, Enhypen yang pertama debut sudah menjual album ratusan ribu.

Selain itu menenangkan penghargaan The Fact Music Awards setelah 12 hari debut, Secret Number grup global yang sudah memiliki subscriber sekitar 900 ribuan dan video debut mencapai 33 juta penonton serta memenangkan penghargaan Rookie of the Year 2020. Stayc merupakan grup yang memiliki penggemar global maupun lokal serta tergolong grup rookie yang sukses, Weekly grup rookie yang dicintai rakyat Korea ini nampak dari kemurnian konsep sehingga dinantikan penggemar khususnya warga Korea di tahun 2021, dan terakhir adalah Aespa awal debut sudah mencapai 88 juta penonton pada Video musiknya. Grup asuhan SM ini memiliki konsep yang menarik sehingga penggemar lokal maupun luar sangat menantikan comeback mereka. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *