Daebak

Gegara Deepfake marak wajah idol palsu, dari IU sampai Dahyun Twice

Gegara Deepfake marak wajah idol palsu, dari IU sampai Dahyun Twice

Semakin maraknya perkembangan aplikasi bisa juga menambahkan keresahan masyarakat. Apalagi dengan hadirnya aplikasi Deepfake yang dapat menirukan wajah banyak idol.

Tentunya hal ini mirip pedang bermata dua, karena untuk tujuan yang baik mungkin bisa membuat sang idol menjadi semakin terkenal secara positif. Apalagi ketika yang menirukan wajahnya melakukan hal yang baik. Hanya dalam waktu singkat saja ada banyak muka idol yang bermunculan di akun TikTok.

Dahyun. Foto: Instagram

Deepfake wajah Dahyun Twice

Muka para idol yang sering ditirukan dengan menggunakan aplikasi Deepfake adalah Dahyun dari Twice. Untung saja hal-hal yang dilakukan oleh TikTokers tersebut masih dalam tahap yang wajar.

Setelah adanya aplikasi ini, kita semua harus semakin memperhatikan dengan seksama ketika ada video buruk yang beredar tentang Dahyun. Bisa jadi itu adalah ulah dari orang yang menggunakan aplikasi tersebut.

Beberapa akun yang sempat mengunggah postingan mirip dengan Dahyun ada di akun @lady_kpop, @momo is_baby95, dan juga @tofu_editx. Tentunya kabar ini menggemparkan fans Dahyun. Aplikasi ini benar-benar bisa menampilkan muka Dahyun secara sama persis dalam postingan singkat TikTokers tersebut.

Deepfake Dahyun. Video: Youtube

Wajah IU juga ditiru

Idol lainnya yang kerap ditiru wajahnya dengan menggunakan aplikasi ini adalah IU. Bahkan di Korea Selatan sendiri kabar ini pernah sangat gempar.

Baru beberapa selang waktu kabar ini sampai ke Indonesia. Seluruh TikTokers yang menggunakan aplikasi ini juga mengenakan dandanan yang mirip dengan gaya IU. Sebagian besar TikTokers yang menggunakan aplikasi ini berasal dari China.

Deepfake IU. Video: Youtube

Beberapa akun yang terlihat sering menggunakan aplikasi ini dengan wajah IU adalah @_wenhoney. Ini Bagaimanapun ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita untuk bisa lebih berhati-hati dalam membuat postingan yang menyertakan wajah.

Bagaimanapun juga menggunakan wajah orang lain untuk membuat postingan dirasakan tidak terlalu berguna. Hargailah wajah sendiri sebagai bentuk kepercayaan diri, sehingga tidak perlu sampai pakai wajah orang lain dalam membuat postingan.

Wajah adalah hal yang privasi bagi semua orang, sehingga harus menghargai wajah milik orang lain dalam bentuk gambar maupun video. Jika sang idol tidak terima bisa saja mereka menuntut orang yang memalsukan wajah.

Ini bisa berbuntut pada perkara hukum, apalagi bila dilakukan oleh orang yang berasal satu negara dengan sang idol. Jadi bisa dikatakan aplikasi ini masuk dalam ranah unfaedah dan harus dihindari. (CTH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *