K-Drama

Dari kisah nyata, 3 film Korea suguhkan kisah menarik dan kontroversial

Dari kisah nyata, 3 film Korea suguhkan kisah menarik dan kontroversial

Hampir seluruh generasi milenial perempuan yang ada sekarang suka dengan drama Korea. Jumlah penggemar dari film Korea cukup mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Ada banyak genre yang bisa dipilih seperti percintaan, thriller, sejarah, dan lain-lain. Dalam proses pembuatannya tidak jarang film Korea diangkat dari kisah nyata. Deretan film Korea kisah nyata yang bisa membuat kamu ketagihan menonton bisa dilihat berikut.

A Taxi Driver

Film berjudul taxi driver dirilis pada tahun 2017. Di dalamnya menceritakan tentang kediktatoran militer yang sungguh-sungguh terjadi di Korea pada tahun 1980-an. Akibat kediktatoran militer tersebut sejumlah mahasiswa dan warga Gwangju melakukan protes terhadap pemerintah. Namun bukannya aksi protes mereka mendapatkan tanggapan baik dari pemerintah tetapi seluruh warga yang protes justru mendapatkan perlakuan kejam. Tidak jarang dari mereka yang melakukan aksi protes mengalami kekejaman berupa pembantaian habis-habisan yang dilakukan oleh tentara pada masa itu. Tindakan kekejaman yang dilakukan oleh tentara menyebabkan setidaknya lebih dari 600 orang tewas. Film ini menggunakan sudut pandang seorang sopir taxi yang membantu seorang wartawan dari Jerman untuk meliput terjadinya pemberontakan. Seorang wartawan tadi bernama Thomas Kretschmann yang meminta sopir taksi tadi untuk mengantarnya pulang dan pergi ke area Gwangju.

A Taxi Driver. Foto: AsianWiki
A Taxi Driver. Foto: AsianWiki

When the Day Comes

Film yang satu ini masih menceritakan tentang sejarah kelam yang pernah terjadi di Korea Selatan. Alur ceritanya menceritakan tentang kejadian tragis yang pernah terjadi pada tahun 1987 di Korea Selatan. Pada masa itu Korea Selatan sempat mengalami masa-masa pendudukan rezim militer yang otoriter. Terdapat banyak masyarakat Korea di masa tersebut yang mendorong negara untuk terciptanya negara demokrasi. Sudut pandang dari film ini adalah menyoroti kematian seorang aktivis mahasiswa yang memimpikanmu untuk terlahirnya negara demokrasi. Aktivis tersebut bernama Park Jong Chul. Ia meninggal dalam sesi interogasi yang dilakukan oleh anti komunis kepolisian Korea Selatan masa itu.

When The Day Comes. Foto: Asianwiki
When The Day Comes. Foto: Asianwiki

New Trial

New Trial juga diangkat dari kisah nyata di mana menjadi contoh kasus kontroversial dalam bidang hukum di Korea Selatan. Kecacatan hukum terletak pada kekeliruan menghukum pembunuh sopir taksi yang dijatuhkan kepada seorang pemuda innocent berusia 15 tahun. Pemuda tadi sampai harus mendekam di penjara selama 10 tahun yang mana sebenarnya ia tidak melakukan tindakan pembunuhan terhadap sopir taksi yang terjadi pada tahun 2000. Kemudian ada tokoh yang bernama Lee Joon-young yang berusaha untuk menegakkan keadilan milik Joon Hyun-wo, seorang pemuda tadi yang dimasukkan ke penjara akibat kasus pembunuhan sopir taksi. (TCT)

New Trial. Foto: Asianwiki
New Trial. Foto: Asianwiki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *