Gosip

Eks trainee JYP bongkar sisi gelap acara kompetisi Korea, sempat ditawari ini

Eks trainee JYP bongkar sisi gelap acara kompetisi Korea, sempat ditawari ini

Seorang penyanyi bernama Coco dan eks trainee JYP Entertainment bernama Gina Maeng saling buka-bukaan soal industri K-pop. Gina sendiri pernah menjadi trainee selama 10,5 tahun di berbagai agensi. Sementara itu, Coco merupakan eks member dari duo CocoSori yang telah bubar pada 2019 lalu. Keduanya mengungkapkan sisi gelap dari industri hiburan K-pop, salah satunya mengenai acara kompetisi di Korea.

Dalam video yang dibagikan di YouTube, Coco menyinggung soal skandal manipulasi ranking di acara ‘Produce 101’. Coco menyebut bahwa kerja keras untuk menjadi seorang idol tak selamanya berjalan mulus karena ada faktor lain yang lebih menentukan.

“(Acara kompetisi Korea) sudah terekspos, kan? Ada berita tentang Produce 101. Jadi, tidak peduli segigih apa pun kalian mencoba, mereka sudah punya daftar orang-orang mana yang akan ditempatkan di puncak.”

Hal tersebut disetujui oleh Gina. Bahkan, Gina mengaku tahu siapa oknum yang melakukan tersebut.

“Karena aku telah ada di industri ini sejak berusia 15 tahun, aku tahu orang yang melakukan fixing (manipulasi pemenang). Ketika aku ditelepon, (aku bilang) “Aku sudah tahu kepala produksi kalian, dan aku tahu bagaimana acara kalian dibuat. Jadi, aku tidak akan ikut acara itu,” ujar Gina.

Gina Maeng bahkan pernah ditawari kesepakatan oleh staf dari salah satu acara kompetisi. Staf tersebut sudah menyebutkan sampai level mana Gina akan tereliminasi. Namun, Gina menolak karena tak ingin dieksploitasi.

“Aku tidak akan mengatakan nama acaranya, tapi salah satunya mencoba untuk membuat kesepakatan denganku. ‘Oke, kami akan membuatmu berada sampai level ini.’ Dan aku sejujurnya bilang ke mereka bahwa aku ingin level yang yang lebih tinggi. ‘Oke, aku akan ikut acara itu jika kalian menempatkan aku di ranking yang lebih tinggi’. Aku tidak ingin berada lebih rendah dari ranking itu karena aku tahu aku akan dieskploitasi.”

Coco dan Gina Maeng ungkap keburukan acara kompetisi Korea. Foto: YouTube
Coco dan Gina Maeng. Foto: YouTube

Kesulitan di industri K-pop

Menjalani masa trainee yang lama dan merasakan pahitnya industri K-pop, membuat Gina Maeng memutuskan untuk hengkang. Ia kini lebih fokus menjadi seorang penulis lirik lagu dan pendidikannya di Korea University.

“Sangat sulit bagiku untuk bekerja di industri di mana kepercayaan tidak benar-benar diberikan. Kalian harus benar-benar beruntung (di industri K-pop) dan aku tidak bisa menjalani karirku dengan tangan yang disilangkan melulu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *