Daebak

Budaya Korea yang baik untuk pendidikan karakter anak

Budaya Korea yang baik untuk pendidikan karakter anak

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing mengenai kebiasaan sehari-hari masyarakat Korea. Kebiasaan tersebut biasa tercermin dari reality show yang ditayangkan di stasiun TV mereka. Ada sejumlah budaya Korea yang baik untuk dijadikan pendidikan karakter bagi anak. Pendidikan karakter ini perlu ditanamkan oleh orang tua sejak dini kepada anak-anaknya.

Pendidikan budaya Korea yang baik ditiru, Peran hyung bagi adik-adiknya

Hyung adalah sebutan kakak di Korea Selatan. Negara tersebut sangat menganut kental kebudayaan senior-junior tersebut. Sepanjang waktu junior harus selalu bersikap sopan dan patuh kepada senior. Junior menjadikan kedudukan senior lebih tinggi dan diinginkan oleh siapapun. Tidak hanya diterapkan dalam kehidupan rumah tangga saja tetapi kebudayaan ini juga diterapkan di dunia profesional sekalipun. Namun senior juga memiliki tanggung jawab dimana ia harus menjadi pelindung dan pengarah yang mengajarkan kepada junior. Seorang senior memang harus melindungi adiknya yang dianggap lebih lemah dan memiliki peranan mirip seperti wakil pimpinan yang ada di keluarga.

Etika laki-laki terhadap perempuan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa wanita itu memang perlu dilindungi. Kekuatan fisik yang jarang sekuat pria membuat pihak pria harus bertanggung jawab melindunginya. Budaya melindungi wanita memang yang diterapkan oleh masyarakat Korea juga. Orang tua dari negara Korea selalu mengajarkan kepada anak laki-lakinya untuk melindungi wanita seusianya ataupun yang lebih muda. Pengajaran tersebut akan berdampak ketika sang anak sudah dewasa.

Etika pada saat makan sebagai budaya Korea yang baik ditiru

Setiap negara pasti memiliki etika makan sendiri-sendiri. Orang tua di masing-masing negara perlu untuk selalu mengajarkan anaknya tentang etika makan. Salah satu budaya Korea Selatan yang cocok diterapkan untuk mengajarkan kepada anak-anak adalah tidak membiarkan orang yang berusia lebih mudah untuk menyantap makanan dahulu. Orang tua mereka mengajarkan supaya yang berusia tua yang didahulukan untuk menyantap makanan demi sopan santun. Etika yang diajarkan tidak hanya mengenai siapa yang dahulu menyantap makanan tetapi ada juga penting untuk menghabiskan isi makanan yang ada di piring sendiri. Orang tua di Korea Selatan selalu menerapkan anak-anak yang tidak boleh sampai ada yang membuang makanan.

people in market during daytime
Etika makan di Korea Selatan. Foto: Unsplash

Sering ucapkan aku sayang kamu

Orang tua dan anak bisa menjalin interaksi yang baik dengan saling terbuka dan sering mengucapkan aku sayang kamu. Masyarakat yang ada di Korea Selatan memiliki kebudayaan mengucapkan aku sayang kamu dengan mudah kepada orang yang ia sayangi. Gesture seperti finger heart menghubungkan emosional antara anak dan orang tua. Anak jadi selalu paham kalau orang tuanya selalu menyayanginya. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *