K-Pop

BTS gagal raih Grammy, aksi ARMY di media sosial dinilai berlebihan

BTS gagal raih Grammy, aksi ARMY di media sosial dinilai berlebihan

Pada Minggu, 14 Maret, ajang penghargaan bergengsi Grammy Awards 2021 ke-63 diselenggarakan di Los Angeles. Beberapa nama musisi kawakan berhasil membawa pulang trofi bergengsi tersebut. BTS sebagai satu-satunya grup asal Korea Selatan dalam ajang tersebut, gagal meraih Grammy dalam kategori Best Pop Duo/Group Performance untuk ‘Dynamite’. Penghargaan tersebut jatuh kepada Lady Gaga dan Ariana Grande untuk lagu ‘Rain on Me’.

“Dynamite’ sendiri telah memecahkan banyak rekor. Pada 24 jam pertama debut, lagu tersebut berhasil ditonton sebanyak 100 juta kali di YouTube. ‘Dynamite’ juga menjadi lagu k-pop pertama masuk 5 besar Billboard Radio, dan nomor 1 di Billboard top 100.

Kegagalan BTS meraih Grammy membuat penggemar, ARMY, geram. Mereka menggaungkan tagar #scammys atau ‘penipuan’ untuk mengkritik perhelatan Grammy. Menurut penggemar, Grammy sengaja menggunakan BTS untuk menaikkan popularitas dan menambah keuntungan. Hal ini dikemukakan dalam salah satu cuitan berikut.

“When the #scammys used @BTS_twt and #ARMY shamelessly to get more views and increase their profit and then proceeded to disrespect them in such an obvious way, it’s no wonder they went from 1.6 million to 351k in less than 3 minutes.”

BTS seputar Grammy

BTS. Foto: Instagram

Dalam sebuah wawancara yang diselenggarakan oleh Grammy, para member BTS menyambut antusias masuknya grup mereka dalam nominasi.

“Mengingat acara penghargaan semakin dekat, kegembiraan dan antisipasi meningkat. Saya masih tidak percaya kami dinominasikan dan tampil. Meraih kemenangan akan semakin menakjubkan,” ujar V.

Kendati telah meraih pencapaian yang besar, namun BTS menolak disebut sebagai ‘perwakilan Korea Selatan’. Menurut Jungkook, masuknya BTS dalam nominasi Grammy merupakan hal yang signifikan bagi keragaman dalam musik.

“Kami kewalahan disebut perwakilan Korea. Kami berterima kasih atas dukungan dan perhatian yang kami terima, tidak hanya dari penggemar kami tetapi rekan-rekan kami. Kami akan terus bekerja lebih keras untuk menampilkan musik dan pertunjukan yang lebih baik. Dan merupakan kehormatan luar biasa menjadi artis K-pop pertama yang dinominasikan untuk GRAMMY, dan kami berharap ini baru permulaan. Kemenangan merupakan suatu hal yang penting, tidak hanya bagi kami tetapi bagi banyak orang yang mengejar keragaman dalam musik,” ujar Jungkook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *