K-Pop

Aturan di Korea Selatan yang tidak boleh dilanggar ketika pergi ke sana

Aturan di Korea Selatan yang tidak boleh dilanggar ketika pergi ke sana

Korea Selatan adalah negara yang cukup mementingkan kesopanan dan etika terhadap satu sama lain, walaupun masih ada juga yang belum secara sempurna menerapkan hal itu, mereka tetap harus memiliki tata krama dalam dirinya. Dan hal itu bukan hanya di Korea saja tetapi seharusnya untuk semua orang di manapun mereka berada. Selain itu di Korea pasti juga memiliki hal yang boleh dan hal yang tidak boleh dilakukan ketika ada yang berkunjung, maupun warga asli Korea. Pastikan mengetahui dan menaati aturan di Korea Selatan sebagai wisatawan di sana.


Seorang Youtuber bernama Yong Hyeon berbagi ilmunya tentang apa saja yang tidak sopan dan seharusnya tidak dilakukan di Korea Selatan.

Aturan di Korea Selatan, Jangan bersumpah atau menggunakan bahasa informal dengan orang baru

Yong Hyeon. foto: youtube/Yong Company YongHyeon

Ketika berkomunikasi dengan orang baru atau yang tidak dikenal hindari pemakaian bahasa informal dan gunakanlah bahasa formal. Yong Hyeon berkata, “Kami selalu berbicara dalam bahasa formal saat pertama kali bertemu, itu merupakan sikap yang tepat untuk dilakukan. Sangat tidak sopan jika menggunakan bahasa informal.”

Jangan melakukan kontak mata saat membungkuk

Yong Hyeon. foto: youtube/Yong Company YongHyeon

Yong Hyeon memberikan peringatan bahwa kalian harus menghindari kontak mata ketika membungkuk kepada orang lain, karena dalam budaya timur tiap kali bertemu dengan orang yang lebih tua tidak menatap mata itu menunjukkan rasa hormat kepada mereka.

Anak perempuan seharusnya tidak memakai baju yang terbuka di bagian atas

Yong Hyeon. foto: youtube/Yong Company YongHyeon

Yong Hyeon menjelaskan bahwa masuk dalam kategori tabu ketika memperlihatkan bagian tubuh yang atas. Walaupun menggunakan rok dan celana pendek sudah lazim. Jika nekat pakai baju dengan bagian atas terbuka, maka akan siap-siap dikomentari oleh banyak orang di sekitarnya.

Jangan berharap diberi garpu di restoran

Yong Hyeon. foto: youtube/Yong Company YongHyeon

Menurut Yong Hyeon, ada beberapa orang asing yang ketika pertama kali datang, mereka tidak tahu cara menggunakan sumpit, dan masalahnya tidak semua restoran di sini menyediakan garpu, Yong Hyeon menyarankan bahwa seharusnya kalian berlatih menggunakan sumpit atau kalian bisa membawa garpu sendiri dari rumah

Aturan di Korea Selatan, Jangan sampai sopir bus memberi uang kembalian

Yong Hyeon. foto: youtube/Yong Company YongHyeon

Yong Hyeon mengilustrasikan tentang pembayaran ketika naik bus di Korea, bahwa satu kali naik bus atau kereta biasanya adalah 1.250 atau kira-kira satu dollar. Dan jika kalian memberi uang sebesar 10.000 kepada sopir, sopir bus harus memberi kembalian di tiap koin yang dimiliki, dan jangan sampai hal itu terjadi. Lebih baik siapkan uang pas. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *