Daebak

5 Takjil lezat untuk berbuka puasa ala Korea, ada yang mirip gorengan

5 Takjil lezat untuk berbuka puasa ala Korea, ada yang mirip gorengan

Enggak cuma di Indonesia, di Korea Selatan juga ada camilan atau takjil yang lezat untuk berbuka puasa. Makanan tersebut bisa dijumpai di sepanjang jalan alias street food. Sejumlah umat muslim hidup di Korea, maka mereka juga melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Di Indonesia dikenal takjil untuk berbuka puasa, begitu juga di Korea. Beberapa camilan Korea berikut jadi pilihan pas untuk takjil Ramadan.

Gamjajeon

Gamjajeon. Foto: Maangchi.com

Camilan atau takjil yang nikmat untuk berbuka saat di Korea Selatan yang pertama adalah Gamjajeon. Gamjajeon banyak dijual di sepanjang jalanmenjelang waktu berbuka puasa. Camilan terbuat dari bahan sederhana yaitu kentang dan beberapa sayuran untuk melengkapi rasanya. Jika dilihat dari bentuknya akan mirip seperti bakwan, namun teksturnya mirip seperti perkedel. Rasanya juga gurih dan dapat dinikmati menggunakan saus sambal. Camilan ini dikenal sebagai pancake Korea.

Gimmari

Gimmari. Foto: heytheresia.com

Gimmari juga enak dijadikan takjil. Makanan ini terbuat dari sayuran yang dipotong kemudian digoreng. Setelah digoreng sayuran tersebut kemudian dibungkus dengan nori atau rumput laut yang gurih. Sayuran yang telah dibungkus nori dicelupkan ke dalam tepung bumbu lalu digoreng hingga matang. Jadilah Gimmari yang merupakan camilan favorit Korea Selatan menjelang berbuka puasa. Biasanya Gimmari dinikmati bersama dengan tteokpokki dan rapokki.

Gyeran Twigim

Kalau di Indonesia gorengan jadi menu favorit untuk berbuka puasa, maka di Korea ada yang serupa. Camilan atau takjil ala Korea tersebut bernama Gyeran Twigim. Twigim artinya menu makanan yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng hingga kering atau kriuk. Sayuran dibalut tepung kemudian digoreng atau telur yang direbus kemudian digoreng dengan tepung juga bisa. Gampangnya, ini gorengan ala Korea.

Yachae Twigim

Foto: app.ckbk.com.

Camilan atau takjil yang nikmat untuk berbuka saat di Korea Selatan yang bernama Yachae Twigim yang sangat mirip dengan bakwan. Yachae Twigim dibuat dengan cara mencampurkan sayuran dengan tepung bumbu yang gurih kemudian digoreng hingga matang seperti bakwan. Camilan ini juga akan banyak ditemui di sepanjang jalan Korea Selatan saat menjelang berbuka puasa.

Goguma Twigim

Makanan yang terbuat dari ubi jadi camilan atau takjil yang nikmat untuk berbuka puasa. Di Korea, namanya Goguma Twigim. Makanan ini sangat cocok untuk pendamping minuman dingin untuk berbuka puasa. Cara membuat Goguma Twigim sangat mudah yaitu dengan cara mencelupkan ubi yang sudah dipotong-potong ke dalam tepung bumbu lalu digoreng. Sangat mirip seperti ubi goreng di Indonesia kan! Selamat berpuasa di Korea Selatan bagi yang menjalankannya. (CTH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *