K-Pop

5 Tahun anniversary NCT, ini potret perjalanan karir tiap subunit

5 Tahun anniversary NCT, ini potret perjalanan karir tiap subunit

Boygroup asuhan SM Entertainment, Neo Culture Technology (NCT), merayakan anniversary yang ke-5 sejak pertama kali debut. Baru-baru ini, NCT juga dinobatkan sebagai grup SM dengan penjualan album terbanyak yaitu mencapai 2,8 juta keping dengan album ‘NCT 2020 – Resonance Pt.1’ dan ‘NCT 2020 – Resonance Pt. 2’. Mereka berhasil memecahkan rekor H.O.T pada 25 tahun lalu.

Nah, seperti apa potret perjalanan karir NCT yang baru saja merayakan anniversary ke-5? Yuk, simak selengkapnya!

NCT U

NCT U - The 7th Sense. Foto: Allkpop
NCT U – The 7th Sense. Foto: Allkpop

NCT U menjadi subunit pertama yang diperkenalkan ke publik oleh SM Entertainment pada 9 April 2016 lalu dengan single digital “The 7th Sense” dan “Without You”. Mark, Taeyong, Doyoung, Jaehyun, Ten, dan Taeil menjadi enam member pertama yang debut bersama grup NCT U. Sebagai informasi, NCT U merupakan rotational subunit di mana formasi para anggotanya tidak tetap dan dapat berubah sewaktu-waktu. NCT U sendiri telah merilis berbagai single hits, mulai dari ‘Boss’, ‘Make a Wish’, hingga ’90’s Love’.

NCT U. Foto: Pinterest
NCT U. Foto: Pinterest

NCT 127

Baru pada 1 Juli 2016, SM Entertainment memperkenalkan unit NCT yang berbasis di Seoul, yaitu NCT 127. Nomor 127 sendiri merupakan koordinat longitude atau garis lintang kota Seoul. Member subunit yang satu ini awalnya berjumlah 7 orang, yakni Taeil, Yuta, Taeyong, Jaehyun, Winwin, Mark, dan Haechan dan debut dengan lagu ‘Fire Truck’. Johnny dan Doyoung baru bergabung pada Desember 2016. Jungwoo kemudian menjadi member kesepuluh yang berabung pada Oktober 2018.

NCT 127- Fire Truck. Foto: AminoApps:
NCT 127- Fire Truck. Foto: AminoApps

Mereka tampil dengan 10 formasi lengkap pada comeback lagu ‘Regular’ dan ‘Simon Says’. Belakangan, Winwin jarang tampil bersama NCT 127 dan lebih banyak melakukan kegiatan promosi bersama WayV.

NCT 127. Foto: Pinterest
NCT 127. Foto: Pinterest

NCT Dream

NCT Dream menjadi subunit ketiga dari NCT yang diperkenalkan pada 25 Agustus 2016 dengan single “Chewing Gum”. Grup ini beranggotakan tujuh remaja yang memulai debut sejak umur belasan tahun, yaitu Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle, dan Jisung. Sejauh ini, NCT Dream telah merilis empat EP yang berjudul ‘We Young’, ‘We Boom’, ‘We Go Up’ dan ‘Reload’. Mereka juga telah menyabet Bonsang Awards di 34th Golden Disc Awards dan 2020 Seoul Music Awards.

NCT Dream. Foto: Pinterest
NCT Dream. Foto: Pinterest

Sebagai informasi, NCT Dream awalnya dibentuk dengan sistem kelulusan di mana anggota akan pindah unit begitu memasuki usia 20 tahun. Namun, pada 2020 lalu, SM Entertainment mengubah sistem kelulusan tersebut. Dengan begitu, Mark yang semula telah keluar dari NCT Dream kembali bergabung dengan grup tersebut.

Seiring berjalannya waktu, NCT Dream kini tampil lebih dewasa dan perlahan mulai meninggalkan konsep imut mereka. Pada 2020 lalu, mereka merilis lagu ‘Reload’ dengan tampilan yang lebih maskulin dan garang. Tahun ini, NCT Dream dikabarkan akan segera comeback dengan formasi lengakp 7 member. Nantikan, ya!

NCT Dream. Foto: Pinterest
NCT Dream. Foto: Pinterest

WayV

WayV. Foto: Pinterest
WayV. Foto: Pinterest

WayV menjadi subunit NCT keempat yang debut pada 17 Januari 2019. Mereka satu-satunya subunit yang berbasis di luar Korea Selatan, yaitu China. Debut dengan album ‘The Vision’, grup ini terdiri dari tujuh anggota, yaitu Kun, Ten, Winwin, Lucas, Xiaojun, Hendery, Yangyang.

Pada 29 Oktober 2019, WayV merilis EP kedua mereka ‘Take Over the Moon’ dengan judul lagu utama “Moonwalk”. Hendery dan Yangyang ikut berpartisipasi langsung dalam penulisan lirik di lagu “King of Hearts” dan “We Go Nanana”. Pada tanggal 5 November, WayV merilis versi bahasa Inggris dari lagu “Love Talk” dan berhasil menduduki peringkat tiga di Billboard World Digital Song Sales.

Nah, itu tadi perjalanan karir dari setiap subunit NCT! Kalo kamu, gimana cara merayakan anniversary NCT yang ke-5?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *