Gosip

5 Seleb Korea ini mengaku transgender, ada yang berakhir tragis bunuh diri

5 Seleb Korea ini mengaku transgender, ada yang berakhir tragis bunuh diri

Banyak rintangan dan konsekuensi yang harus dihadapi oleh para selebriti, terlebih bagi mereka yang merupakan bagian dari komunitas LGBTQ+. Beberapa seleb asal Korea Selatan ini berani mengaku sebagai transgender. Ada yang menjadi model, bintang iklan, hingga idol K-pop. Namun, ada pula yang harus berakhir tragis dengan mengakhiri hidupnya sendiri.

Siapa saja seleb Korea yang mengaku sebagai transgender? Yuk, simak artikel berikut selengkapnya!

Choi Han Bit

Choi Han Bit. Foto: TG Beauty
Choi Han Bit. Foto: TG Beauty

Choi Hanbit merupakan model, aktris sekaligus penyanyi asal Korea Selatan. Dia merupakan anggota dari girl group Mercury dan lulusan School of Dance di Korean National University of Arts di Seoul. Dengan dukungan orang tuanya, Choi Hanbit menjalani operasi pergantian kelamin wanita pada tahun 2006. Dia mengubah nama aslinya dari Hanjin menjadi Hanbit, dan secara hukum diakui sebagai wanita di Korea Selatan. Dalam sebuah wawancara, Choi mengatakan bahwa “hidup dengan tubuh wanita itu sendiri memberi saya perasaan euforia terbesar.”

Harisu

Harisu. Foto: Instagram
Harisu. Foto: Instagram

Harisu terlahir dengan nama asli Lee Kyungeun pada 17 Februari 1975 silam. Ia merupakan seorang penyanyi, model, dan aktris pop Korea. Harisu mulai melakoni operasi pergantian kelamin pada 1990-an. Dia merupakan pelaku dunia hiburan transgender pertama di Korea, dan pada tahun 2002 menjadi orang kedua di Korea yang secara hukum mengubah gender mereka. FYI, nama Harisu sendiri terinsipirasi dari kalimat bahasa Inggris, “hot issue”.

Harisu pertama kali mendapat perhatian publik pada tahun 2001, setelah muncul dalam iklan televisi untuk kosmetik DoDo. Iklan tersebut sukses dan membuat karirnya semakin melejit. Sejak itu, ia mulai merambah ke dunia musik dan akting.

Sinae

seleb Korea transgender, Sinae Lady. Foto: kpop profiles
Sinae Lady. Foto: kpop profiles

Menjadi salah satu anggota grup Lady, Sinae sudah debut sejak 2005 lalu. Sinae sendiri merupakan seorang transgender yang menempati posisi leader dan lead rapper dalam grup tersebut. Sayangnya, Lady buba pada 2007 silam.Meski seorang transgender, Sinae cukup populer di dunia hiburan Korea Selatan. Ia sempat eksis di beberapa iklan dan menjadi model video klip musisi Cho PD.

Jang Chae Won

seleb Korea transgender, Jang Chae Won. Foto: Pinterest
Jang Chae Won. Foto: Pinterest

Seleb Korea Selatan yang merupakan seorang transgender selanjutnya adalah Jang Chae Won. Namanya mulai dikenal publik pada 2004 lalu setelah kemunculannya di program SBS, Truth Game. Saat itu, Jang Chae Won tampil sebagai pria yang tampak cantik dengan berdandan ala perempuan. Tiga tahun setelahnya, Chae Won memutuskan untuk melakoni operasi ganti kelamin.

Sayangnya, nasib Chae Won berakhir tragis. Ia ditemukan meninggal di kediamannya pada 3 Oktober 2008 karena bunuh diri. Sebelum meninggal, Chae Won telah menunjukkan tanda-tanda aneh. Ia menulis beberapa pesan di media sosial pribadinya sebagaimana berikut:

“Akankah akhir hidupku menjadi komedi atau tragedi?”
“Hidup benar-benar melelahkan.”
“Saya berharap semuanya berjalan seperti yang saya inginkan.”

Lee Siyeon

seleb Korea transgender, Lee Siyeon. Foto: Suara
Lee Siyeon. Foto: Suara

Lee Siyeon terlahir sebagai laki-laki dengan nama lengkap Lee Dae Hak pada 24 Juli 1980. Ia merupakan seorang aktris dan model Korea Selatan. Pada November 2007, Lee menjalani operasi pergantian kelamin dan mengubah namanya menjadi Siyeon. Lee adalah keponakan dari Seo Jaehyuk yang merupakan seorang penyanyi-penulis lagu dan gitaris, anggota Buhwal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *