Daebak

5 Makanan khas Korea Selatan yang nikmat untuk sahur dan buka puasa

5 Makanan khas Korea Selatan yang nikmat untuk sahur dan buka puasa

Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang dinantikan seluruh umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Korea Selatan. Selama bulan puasa, ternyata ada makanan khas di Korea Selatan yang biasa dinikmati untuk sahur dan berbuka.

Berikut ini adalah makanan khas Korea Selatan untuk sahur dan berbuka yang populer:

Kimbab

Kimbap. Foto: Pixabay
Kimbap. Foto: Pixabay

Kimbab merupakan perpaduan nasi, sayur dan protein yang dibentuk seperti lontong kemudian dipotong kecil-kecil. Sekilas bentuknya mirip sushi ala Jepang. Makanan tersebut baik untuk sahur maupun berbuka karena terdapat kandungan gizi yang lengkap yaitu karbohidrat, protein dan vitamin.

Bibimbap

Bibimbap. Foto: Instagram

Bibimbap merupakan perpaduan nasi, sayur, daging dan telur setengah matang yang disajikan dalam mangkuk. Setelah semua diletakkan dalam mangkuk, cara menikmati Bibimbap adalah dengan mencampur seluruh bagian menjadi satu biasanya dengan tambahan saus gochujang. Jika tidak suka saus gochujang, dapat ditambahkan saus yang lainnya sesuai selera.

Bokkeumbap

Bokkeumbap. Foto: Flickr

Bokkeumbap merupakan salah satu makanan favorit saat sahur dan berbuka ala Korea. Bokkeumbap merupakan nasi goreng asli Korea Selatan yang dibuat dengan bumbu Korea Selatan. Meski tampilan Bokkeumbap seperti nasi goreng di Indonesia, namun bahannya berbeda. Untuk penyajian Bokkeumbap bisa ditambahkan telur atau daging cincang serta kimchi.

Japchae

Japchae. Foto: Flickr

Japchae sangat mirip seperti oseng-oseng di Indonesia, namun isinya yaitu berupa mie, sayur dan daging. Cara membuatnya sangat mudah, cukup rebus mie hingga matang kemudian tiriskan. Masukkan mie tersebut ke dalam sayuran, bumbu, tauge, dan daging yang telah ditumis. Cara menikmatinya dapat dimakan secara langsung atau disantap dengan nasi hangat.

Budae Jjigae

Budae Jjigae. Foto: Flickr

Budae Jjigae merupakan makanan sahur dan berbuka yang sangat mudah dibuat karena hanya terdiri dari berbagai bahan yang direbus secara bersamaan ke dalam panci berisi kuah atau yang disebut sup. Menu Budae Jjigae merupakan makanan tertua karena sudah ada sejak dulu saat jaman peperangan. Semua bahan makanan dapat dimasukkan ke dalam panci sup, mie, daging, sayur, telur dan lain sebagainya sesuai selera. (CTH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *