Gosip

6 Idol K-Pop ngaku tak punya agama, RM BTS terpaksa berdoa demi grup

6 Idol K-Pop ngaku tak punya agama, RM BTS terpaksa berdoa demi grup

Tidak banyak idol K-Pop yang mau blak-blakan tentang agama yang mereka anut. Wajar saja, karena agama sifatnya privacy. Tapi beberapa ada yang secara jujur mengakui tidak punya agama atau keyakinan tertentu alias atheis.

Meski tidak memeluk agama tertentu, para idol K-Pop tetap memiliki kepribadian yang baik dan menyebar positivity. Berikut beberapa idol yang mengaku tidak memiliki agama, dirangkum dari berbagai sumber.

RM BTS

RM BTS. Foto: Instagram
RM BTS. Foto: Instagram

Leader BTS ini secara terbuka mengaku sebagai seorang atheis. Saat acara perilisan mixtape berjudul God Rap pada 2015 lalu, RM menjawab pertanyaan tentang keyakinannya. “Apakah kamu tidak memiliki agama?” tanya Hiphopplaya.”Tidak, saya tidak punya (agama),” jawab RM. “Apakah kamu atheis?.” “Ya,” jawab RM.

Meski begitu, dia tetap ikut berdoa dengan semua member BTS yang lain. Walau mengaku enggak terlalu nyaman, RM tetap menghargai kepercayaan timnya. Uniknya, beberapa kali dia kedapatan mengenakan kalung salib.

B.I eks iKon

Hanbin alias B.I. Foto: coppamagz.com
Hanbin alias B.I. Foto: coppamagz.com

Kim Hanbin alias B.I juga merupakan seorang atheis. Mantan leader iKon ini mengaku tidak memiliki agama dalam siaran langsung Vlive. Tapi meski atheis, dia tetap berdoa. Dia berharap, seseorang mungkin saja mendengar doanya.  “Aku tidak punya agama. Tapi, aku tetap berdoa. Seseorang mungkin akan mendengarkannya,” ungkapnya. Sementara itu, keluarga B.I merupakan penganut Budha.

Heechul Super Junior

Kim Heechul Super Junior. Foto: Pinterest
Kim Heechul Super Junior. Foto: Pinterest

Kim Heechul tidak memiliki kepercayaan tertentu. Sikapnya bertolak belakang dengan rekan satu timnya, Siwon. Siwon yang religius seringkali menegur Heechul. Bahkan Siwon menyarankan Heechul untuk pergi berdoa ke gereja karena dia takut dengan hantu.

Sementara itu Heechul tidak percaya Tuhan dan enggak berdoa. Hingga kini, ia tidak menjelaskan secara jelas keyakinannya.

San Ateez

Foto: YouTube

Dalam suatu wawancara bersama Wooyoung, si idol K-Pop mengaku tidak memeluk agama apa pun. Saat itu Wooyoung menanyakan agama San. Dijawab oleh San, dia hanya percaya pada dirinya sendiri.

Member asal Jepang itu mengungkapkannya dalam YouTube M2 yang diunggah pada 2020. “Agamaku adalah aku, seorang atheis. Aku tidak memiliki agama, tapi aku percaya pada diri sendiri,” ungkap San Ateez kepada Wooyoung.

Wendy Red Velvet

Wendy Red Velvet. Foto: [email protected]

Wendy bukan seorang atheis, tapi dia tidak memiliki agama khusus. Pemilik nama asli Son Seung Wan ini besar di Kanada. Di sana, dia kadang berdiskusi dan merayakan hari Natal bersama keluarganya.

Setelah lulus dari audisi SM Entertainment, dia kembali ke Korea pada 2011. Wendy memilih untuk tidak menganut agama tertentu.

Daehyun eks B.A.P

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2014, Daehyun eks B.A. blak-blakan mengaku tidak punya agama dan tak percaya Tuhan. Tapi, dia tetap berdoa untuk hal yang baik.

 “Saat kami naik ke atas panggung, lampu LED menyala dan kami muncul dari sana. Di saat-saat seperti itu, aku selalu berdoa. Meskipun saya tidak percaya pada Tuhan atau agama apa pun, aku berdoa, seperti ‘Semoga panggung hari ini berjalan dengan baik’,” kata Daehyun B.A.P dikutip dari Kpop Starz.

Begitu juga saat dia sedang dilanda masalah, “Atau ketika masalah datang, ‘Tolong biarkan semuanya berjalan dengan baik’. Lalu aku naik ke panggung setelah selesai, ada rasa puas,” sambungnya.

Itu tadi beberapa idol K-Pop yang mengaku enggak punya agama. Meski begitu, mereka tetap memberikan karya terbaik dan perilaku yang baik. Lagipula, agama tentang kepercayaan masing-masing orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *