Gosip

5 Idol K-pop ini pernah tersandung kasus narkotika, B.I mengaku sudah pesan

5 Idol K-pop ini pernah tersandung kasus narkotika, B.I mengaku sudah pesan

Di balik hingar bingar industri hiburan Korea Selatan, terdapat banyak idol K-pop yang tersandung masalah. Bahkan, beberapa di antara mereka juga sempat merasakan dinginnya jeruji tahanan. Nah, beberapa idol K-pop berikut ini pernah berurusan dengan pihak kepolisian lantaran kasus penggunaan narkotika. Salah satu di antaranya juga terbuktik ikut mengedarkan dan menjadi perantaran penjualan narkoba.

Siapa saja idol K-pop yang pernah tersandung kasus narkotika? Yuk, simak artikel berikut selengkapnya!

PSY

PSY. Foto: Pinterest
PSY. Foto: Pinterest

Penyanyi sekaligus pemilik agensi P Nation, PSY, ternyata pernah ditahan karena kepemilikan ganja. Jauh sebelum namanya terkenal, PSY pernah tersandung kontroversi barang haram tersebut pada akhir 2001. Ia ditahan selama 25 hari karena terbukti menggunakan dan memiliki ganja. Pada Januari 2002, PSY dibebaskan dan megaku menyesali aksinya. Lantaran hal tersebut, PSY berhalangan untuk hadir di pemakaman sang kakek.

Yoochun eks TVXQ

Yoochun TVXQ. Foto: Pinterest
Yoochun TVXQ. Foto: Pinterest

Eks member TVXQ, Yoochun, juga ditahan oleh pihak yang berwajib lantaran penggunaan narkotika. Pada 23 April 2019, unit narkotika polisi mengeluarkan surat perintah penahanan setelah Yoochun dinyatakan positif menggunakan narkoba bernama Philopon, juga dikenal sebagai sabu Jepang.

Pengadilan kemudian mengamankan Yoochun pada 26 April, dengan alasan kekhawatiran bahwa Yoochun akan menghancurkan bukti atau berusaha melarikan diri. Tuduhan yang diajukan terhadapnya adalah untuk tiga dakwaan membeli 1,5 gram Philopon, dan lima dakwaan menyuntikkan narkoba. Pada Juli, Yoochun dijatuhi hukuman 2 tahun masa percobaan dan denda 1,4 juta won.

T.O.P BIGBANG

T.O.P BIGBANG. Foto: Pinterest
T.O.P BIGBANG. Foto: Pinterest

Pada 20 Juli 2017 lalu, vonis hukuman untuk T.O.P BIGBANG telah dijatuhkan atas kasus kepemilikan ganja. Pengadilan menyatakan bahwa ia bersalah atas penggunaan barang terlarang tersebut. Kendati begitu, vonisnya diringankan lantaran T.O.P menyesali perbuatannya dan tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya.

Alhasil, pemilik nama asli Choi Seung Hyun tersebut divonis 10 bulan penjara dengan masa penangguhan 2 tahun. Jadi, jika ia melakukan kesalahan yang sama dalam kurun waktu 2 tahun, maka T.O.P baru akan ditahan selama 10 bulan.

B.I eks iKON

B.I. foto; instagram
B.I. foto; instagram

Pada 12 Juni 2019 lalu, Dispatch membongkar percakapan via teks antara B.I dengan seseorang yang disebut ‘A’. Dalam percakapan yang terjadi pada April 2016 silam itu, B.I diduga hendak membeli marijuana dan LSD melalui perantara A.

Selang beberapa jam kemudian, B.I mengumumkan bahwa dirinya hengkang dari iKON dan YG Entertainment. Dalam pernyataan yang dirilis, B.I mengakui bahwa percakapan yang dirilis oleh Dispatch benar adanya. Namun, ia menegaskan bahwa niatnya untuk membeli barang terlarang itu diurungkan lantaran takut.

“Benar bahwa aku ingin bergantung pada sesuatu yang tidak seharusnya lantaran masa-masa sulit yang kulalui. Namun, aku terlalu takut dan ngeri untuk melakukannya.”

Daniel DMTN

Daniel DMTN. Foto: Koreaboo
Daniel DMTN. Foto: Koreaboo

Boy grup DMTN hiatus pada 2013 lalu sejak salah satu membernya, Daniel, diamankan lantaran penggunaan narkotika. Hasil penyelidikan polisi menunjukkan bahwa Daniel pernah menjadi perantara penjualan narkotika sebanyak 12 kali. Ia juga pernah secara langsung menjual marijuana sebanyak 4 kali. Lantaran tindakannya, Daniel divonis 1 tahun penjara dan 3 tahun penangguhan hukuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *