K-Pop

4 Lagu K-pop diduga plagiat, ‘Butter’ milik BTS tiru soundtrack video game?

4 Lagu K-pop diduga plagiat, ‘Butter’ milik BTS tiru soundtrack video game?

Salah satu aspek paling penting dalam sebuah karya adalah orisinalitasnya, begitu pula dengan lagu. Sayangnya, beberapa lagu K-pop berikut ini tersandung tudingan plagiat. Lagu mereka disebut-sebut memiliki kemiripan dengan lagu milik musisi lain.

Lagu K-pop apa saja yang dituding hasil plagiat? Yuk, simak artikel berikut selengkapnya!

G-Dragon – Heartbreaker

Lagu ‘Heartbreaker’ milik G-Dragon pernah dituding menjiplak lagu Flo Rida yang berjudul ‘Right Round’. Saat itu, pihak YG Entertainment membantah tudingan tersebut. Flo Rida sendiri menyatakan bahwa lagu GD bukanlah hasil plagiarisasi.

Bahkan, GD dan Flo Rida kemudian tampil dalam satu panggung dengan membawakan lagu ‘Heartbreaker’. Alhasil, rumor plagiarisme pun mereda.

Kara – Step

Lagu ‘Step’ milik KARA yang dirilis pada 2011 lalu disebut-sebut menjiplak lagu Joan Osborne yang berjudul ‘One of Us’. Netizen menyoroti bahwa pada menit ke 2:27 sampai 2:40 lagu ‘Step’ memiliki kesamaan dengan lagu musisi asal Amerika tersebut.

Namun, seorang ahli membantah hal ini. Menurutnya, “Untuk dapat dikategorikan sebagai plagiarisme, ada standar tertentu mengenai seberapa banyak kemiripan di lagu, tetapi ‘Step’ tidak memenuhi standar tersebut. Hanya bunyi ritmenya yang sama, tapi hal ini tidak bisa dianggap plagiarisme.”

BTS – Butter

Grup asuhan Big Hit Entertainment, BTS, juga dituding plagiat karena kemiripan lagu ‘Butter‘ dengan musik pengiring video game ‘Monster in My Pocket’.

‘Monster in My Pocket sendiri merupakan video game Jepang yang diproduksi oleh Konami pada 1992 untuk NES platform. Game ini mengiktui cerita dari serial komik dengan judul yang sama dan menggunakan berbagai karakter monster.

Taeyeon – Weekend

Lagu ‘Weekend’ milik Taeyeon disebut memiliki kesamaan dengan lagu Doja Cat yang berjudul ‘Say So’ dan ‘Kiss Me More’. Bahkan, video klipnya juga digadang-gadang terinspirasi dari musisi asal Amerika tersebut.

Menangapi hal ini, seorang pengamat musik Korea bernama Kim Do Heon, memberikan pernyataan sebagaimana berikut.

“Ada dua persona berbeda dalam lagu ini, yang berbicara tentang waktu istirahat yang nyaman dari kesibukan sehari-hari. Persona pertama adalah Doja Cat. Segala sesuatu tentang ‘Weekend’, dari nada gitar yang halus, hingga ketukan disko yang kaku, dan nada vokal, menunjukkan niatnya untuk menyerupai ‘Say So’ dan ‘Kiss Me More’ milik Doja Cat. Desain font ‘1990’s Pop Star’ dan nada merah muda dari MV juga mirip dengan kedua lagu tersebut. Ketika Taeyeon beralih dari chorus pertama ke rap sendiri, bentuk panutannya menjadi lebih jelas.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *