K-Pop

4 Grup K-Pop ini pernah ganti leader, ada yang karena merasa terbebani

4 Grup K-Pop ini pernah ganti leader, ada yang karena merasa terbebani

Setiap member dalam grup K-Pop memiliki posisi masing-masing, mulai dari lead vokal, lead dancer, center, visual, maupun leader. Posisi leader atau ketua grup sendiri merupakan posisi yang dihormati. Biasanya, leader memiliki peranan penting dalam mengambil keputusan, memecahkan persoalan, hingga mentraktir para member. Namun, dalam kejadian khusus, ternyata posisi leader dalam beberapa grup ini sempat diganti. Hal itu disebabkan oleh berbagai alasan.

Siapa saja grup K-pop yang pernah mengalami pergantian leader? Yuk, simak artikel berikut selengkapnya!

Winner

WINNER. Foto: Soompi
WINNER. Foto: Soompi

Boy grup asuhan YG Entertainment, WINNER, mengalami pergantian leader saat mengikuti acara survical, WIN: Who Is Next. Saat itu, Mino mengalami cedera pada pergelangan kakinya saat latihan menyanyikan lagu G-Dragon, Crooked. Akhirnya, Yang Hyunsuk memutuskan untuk mengangkat Kang Seung Yoon sebagai leader grup Winner. Uniknya, Kang Seung Yoon sendiri merupakan member termuda (maknae) dalam grup tersebut.

“Selama waktu kami di survival show, Song Mino adalah leader-nya. Tapi dia mengalami cedera dan harus mengambil cuti. Setelah itu, aku menjadi leader sementara. Kami memenangkan acara itu, jadi aku seterusnya menjadi leader,” ujar Kang Seung Yoon.

EVERGLOW

Everglow. Foto: Pinterest
Everglow. Foto: Pinterest

Girl grup EVERGLO juga mengalami pergantian leader yang secara resmi diumumkan pada 25 Mei 2021. Berbeda dengan boy grup Winner, alasan di balik keputusan pergantian leader EVERGLOW tidaklah diketahui. Perubahan formasi ini dilakukan setelah mereka hiatus selama 8 bulan dan jelang comeback untuk lagu andalan mereka, ‘First’. Kini, Sihyeon menjadi leader dari EVERGLOW menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang oleh EU.

Cross Gene

Cross Gene. Foto: Pinterest
Cross Gene. Foto: Pinterest

Takuya memilih mundur secara perlahan sebagai leader Cross Gene karena tanggung jawab yang berat. Posisinya pun digantikan oleh Shin. Mereka debut pada 2012, sementara pergantian leader terjadi pada tahun 2013. Dilansir dari Allkpop, Shin buka suara terkait hal ini.

“Saat kami debut, Takuya adalah leader-nya, tetapi setelah kami menyelesaikan promosi album pertama, karena usia Takuya merupakan pertengahan (bukan termuda ataupun yang tertua) di dalam grup, dia mengatakan bahwa bebannya terlalu banyak. Saat itulah aku bilang, ‘Kamu bisa berhenti (menjadi leader). Aku yang akan melakukannya.”

T-ara

T-ARA. Foto: Instagram
T-ARA. Foto: Instagram

T-ara memiliki sistem kepemimipinan yang unik dan berbeda dari grup lainnya. Grup tersebut akan mengalami pergantian leader setiap 6 hingga 8 bulan sekali. Pada 7 Desember 2011 lalu, agensi T-ara mengumumkan bahwa yang menjadi leader adalah Soyeon. Posisi Soyeon sendiri sebelumnya dipegang oleh Eunjung, Boram, dan Hyomin.

“Soyeon merupakan main vocal dari T-ara sekaligus member kedua yang tertua. Dia memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, itulah mengapa dia akan menjadi leader setelah Eunjung, Boram, dan Hyomin. (NAY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *