Daebak

3 Gorengan ala Korea yang cocok untuk takjil buka puasa

3 Gorengan ala Korea yang cocok untuk takjil buka puasa

Selain takjil khas Indonesia, ternyata ada lho beberapa jenis camilan Korea berupa gorengan yang bisa dijadikan makanan untuk buka puasa.

Bagi umat muslim bulan Ramadhn adalah bulan yang spesial. Pasalnya pada bulan tersebut Allah SWT membuka segala pahala dan membuka maaf bagi setiap hamba yang meminta. Pada bulan ini diwajibkan untuk berpuasa satu bulan, selain untuk membersihkan diri juga melatih hawa nafsu. Berpuasa Ramadan selama sebulan di Indonesia memiliki ciri khas dalam buka dan sahur.

Pada bulan ini ada makanan khusus untuk kedua hal tersebut, makanan yang jarang disajikan dan hanya ditemui saat Ramadan. Namun ternyata nih, bagi kalian yang ingin berpuasa apalagi ini menjelang Ramadan, ada nih gorengan dari Korea Selatan yang bisa buat menu berbuka puasa. Apa saja sih gorengan-gorengan itu? Penasaran? Simak di bawah ini yuk.

Gamjajeon

Gamjajeon. Foto: Wikimedia

Gamjajeon dalam istilah Indonesianya adalah penekuk kentang, atau gorengan yang dibuat dari kentang. Cara buatnya cukup mudah, dengan menggoreng kentang halus. Bisa juga nih ditambah dengan bahan lain seperti bawang putih, daun bawang maupun cabe.

Bagi yang suka pedas cara penyajian bisa dengan sambal atau saos pedas. Penekuk kentang ini bisa juga loh sebagai lauk sahur. Cara buatnya mudah dan engggak memakan waktu, jadi jika malas buat lauk sahur, coba deh buat Gamjajeon sendiri.

Gimmari

Gimmari. Foto: Wikimedia

Gimmari adalah pancake noodle glass. Bisa dibuat dari mie gelas ditambah sayuran kemudian dibungkus dengan nori, setelah itu dicelup ditepung dan digoreng. Katanya nih, Gimmari adalah gorengan khas yang disukai orang Korea. Pasalnya mereka biasa makan gorengan ini bersama ttoekbokki dan robokki. Bagaimana ingin mencoba buat di rumah?

Gyeram Twigim

Jika kalian suka nonton drama Korea, pasti tidak asing dengan telur rebus. Orang Korea jika dilihat sering makan telur rebus. Telur rebus di Korea bisa juga dibuat olahan gorengan. Nama gorengan tersebut adalah Gyeram Twigim. Gyeram Twigim adalah gorengan separuh telur rebus yang dibalut dengan tepung dan digoreng. Bagi kalian yang suka telur rebus bisa coba membuat saat puasa nih. Selain nikmat juga banyak gizi.

Itulah 3 gorengan asal Korea Selatan yang bisa buat berbuka puasa. Jangan lupa tunaikanlah kewajiban kepada pencipta tunggal alam semesta dan tetaplah berbuat baik kepada sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *