Gosip

Leader grup Kpop yang memiliki bakat jadi penulis lagu

Leader grup Kpop yang memiliki bakat jadi penulis lagu

Seorang Leader atau pemimpin dalam sebuah grup KPop merupakan sosok yang esensial dalam grup, mereka dengan  tampil dengan persona pemimpin sangat luar biasa. Tidak hanya memukau dalam hal kepemimpinan dalam grup para leader grup KPop berikut ternyata juga memiliki bakat yang tak kalah mengesankan yakni sebagai seorang penulis lagu!

RM BTS sebagai leader grup Kpop pandai tulis lagu

Selain kepemimpinan yang mengesankan sebagai leader dari grup BTS, RM sejauh ini juga telah menulis atau menciptakan banyak lagu, hal tersebut dibuktikan dengan catatan dari Korea Music Copyright Association (KOMCA) yang menunjukan bahwa sebanyak nama RM tercatat untuk 176 lagu, kredit tersebut didapatkan dalam kontribusi penulisan lagu di antaranya adalah lagu “Dope”, “Butterfly”, lagu solo dai rekan segrupnya yakni Jungkook berjudul “Euphoria”, dan banyak lagi yang lainnya.

Hui PENTAGON

Leader dari grup PENTAGON yakni Hui juga mendapatkan berbagai penghargaan atas lagu yang telah ditulisnya,  di antaranya dia menulis lagu untuk grupnya sendiri seperti lagu “Shine”, “Daisy” dan “Do or Not”, hebat lagi Hui Pentagon juga membuat lagu yang dipakai idol lain. Contohnya adalah Hui menuliskan lagu berjudul Energetic dan Tesseract yang dipakai CIX.

Soyeon (G)I-DLE

Soyeon merupakan leader dari grup (G)I-DLE. Dia mulai dikenal pandai menulis lagu ketika dia melakukan hal tersebut untuk grupnya sendiri yakni dengan lagu berjudul “LA TA TA” yang disusun langsung oleh dia sendiri, mulai saat itu dia kemudian diberikan tanggung jawab untuk diskografi grupnya, pun turut memberikan kontribusi dalam sebagian besar proses produksi grupnya, serta kredit untuk lagu-lagu solo miliknya. Dia juga menulis lagu untuk artis-artis lainnya di antaranya seperti lagu “Bird” untuk Namjoo Apink, lagu “No” untuk CLC, serta lagu “Dessert” untuk Hyoyeon Girl Generation.

Kang Seungyoon WINNER sebagai leader grup Kpop pandai tulis lagu

Kang Seungyoon merupakan leader sekaligus maknae atau member termuda di grupnya, WINNER. Selain bersinar bersama dengan WINNER, Seungyoon juga adalah seorang penulis lagu yang tak kalah mengesankan, saat sebelum debutnya dulu dia pernah menulis sebuah lagu berjudul “Instinctically” dan hal tersebut membuatnya segera dikenal dan mendapatkan banyak perhatian. Lagu-lagu lain yang juga merupakan hasil karyanya yakni di antaranya lagu “Color Ring”, “Really Really”, dan lagu yang untuk comeback solonya berjudul “YA”.

Kang Seungyoon. Foto: Instagram

Zico ex. Block B

Zico merupakan leader dari grup Block B, sebelum secara resmi keluar dari grupnya pada tahun 2018 yang lalu. Dia terbilang sangat dikenal sebagai penulis lagu yang hebat, terbukti dengan begitu banyak lagu yang tercatat merupakan hasil karyanya. Selain menulis lagu untuk grupnya sendiri seperti lagu “Wanna B”, “Shall We Dance” dan “Her”, dia juga menulis lagu untuk karir solonya, salah satunya seperti lagu “I Am You, You Are Me”. Tidak sampai di situ Zico juga telah menulis lagu untuk artis-artis lain, di antaranya yakni lagu “I Luv It” untuk PSY, dan “Flower Road” untuk Kim Sejeong.

Woozi SEVENTEEN

Woozi memang bukan merupakan leader untuk keseluruhan grup, di SEVENTEEN sendiri terbagi atas tiga unit yakni vokal, dance dan hip hop. Woozi sendiri ada pada posisi sebagai lead vocal atau vokal utama di dalam unit vokal. dia telah banyak menulis  lagu untuk grupnya, diantaranya seperti lagu “Mansae”, “Ready To Love”, dan “Left and right”. Dia juga telah menulis lagu untuk artis lain seperti lagu “Downpour” untuk grup I.O.I.

G-Dragon BIGBANG sebagai leader grup Kpop pandai tulis lagu

Dalam kurun waktu 15 tahun karirnya hingga saat ini, G-Dragon yang merupakan leader dari grup BIGBANG yang telah mencatatkan namanya sebagai penulis dari banyak lagu, tidak hanya untuk grupnya, di antaranya seperti lagi “Fantastic Baby”, “Love Song”, dan “Bang Bang Bang”. Dia juga telah menulis untuk lagu solonya, yakni seperti lagu “Without You”, dan juga “Untiteld, 2014″. adapun dia juga telah menulis lagu untuk artis lain seperti lagu “I Miss You” untuk iKON, dan lagu untuk rekan segrupnya yakni Taeyang berjudul “Ringa Linga”.

B.I ex. iKON

Sebelum memutuskan untuk keluar dari grup, B.I menempati posisi sebagai leader dari main rapper atau rapper utama di grupnya, iKon. Dia juga adalah memiliki kontribusi dalam penulisan lagu bagi grupnya, seperti lagu “Love Scenario”, “Goodbye Road”, dan “Killing Me”. dia juga turut mencantumkan namanya untuk sebagai salah satu penulis lagu untuk artis lain seperti lagu “Whistle” dari BLACKPINK, “Bomb” dari PSY, ataupun lagu WINNER berjudul “Empty”. saat ini dia telah melakoni karir solonya dan juga telah menulis lagu-lagu lain seperti lagu “Midnight Blue”, dan “illa illa”.

Bang Chan Stray Kids

Bang Chan merupakan leader dari grup asuhan JYP Entertainment yakni Stray Kids. selain merupakan leader yang luar biasa, dia juga ternyata memiliki bakat menulis lagu yang mengesankan. Sebagai bagian dari 3RACHA yakni unit produksi grup bersama dengan Changbin dan Han, setidaknya dia telah menulis beberapa lagu untuk grup, di antaranya seperti lagu “God’s Menu”, “MIROH”, dan “Hellevator”.

Jihyo TWICE sebagai leader grup Kpop pandai tulis lagu

Jihyo yang merupakan leader dari grup TWICE, memang tidak secara aktif turut serta dalam pembuatan musik, namun dia telah menunjukan bahwa dia memiliki bakat sebagai penulis lirik lagu yang mengesankan, dia telah berkontribusi untuk menulis lagu untuk grupnya sendiri, di antaranya seperti lagu “First Time”, “Get Loud”, dan “Ho”.

JayB GOT7

JayB merupakan leader dari grup GOT7 dan  dia juga terbilang sangat produktif dalam menulis lagu, dia telah melakukan hal tersebut untuk grupnya di antaranya yakni lagu “Page”, “Eclipse”, dan “Look”. Dia memulai karir solonya dengan bernaung di bawah agensi barunya yakni H1GHER Music, setelah GOT7 tidak lagi memperpanjang kontrak dengan JYP Entertainment, tetapi mereka tidak bubar dan masih menjadi satu kesatuan grup. Adapun judul lagu solo JayB yakni lagu berjudul “Switch It Up”. Sebagian besar lagu “Switch It Up” disusun dan ditulis oleh dia sendiri.

Taeyong NCT 127

Taeyong merupakan leader, main dancer, dan juga main rapper di salah satu sub unit dari grup NCT yakni NCT sampai di situ dia juga adalah penulis lagu yang sangat berbakat, dia telah turut serta dalam penulisan banyak lagu untuk grup, di antaranya seperti pada lagu “Cherry Bomb”, “Yestoday”, dan “Boss”. pada tahun 2019 yang lalu dia juga merilis lagu solo pertamanya berjudul “Long Flight”. Pada lagu solonya tersebut dia memiliki porsi sebagai penulis lirik lagu utama dan Co-Composer.

Hongjoong ATEEZ sebagai leader grup Kpop pandai tulis lagu

Hongjong merupakan leader dari grup ATEEZ. dia juga memiliki bakat sebagai penulis lagu yang luar biasa. Hingga saat ini dia telah mencantumkan namanya sebagai penulis dari sebagian besar lagu grupnya, di antaranya dia memiliki kredit untuk lagu “Horizon”, “Celebrate”, dan “Aurora”. Dia juga memiliki lagu solo yang ditulis dan digubah sendiri olehnya berjudul “Draw and Draw”.

Taeyeon Girl Generation

Meski terbilang tidak berpartisipasi secara aktif dalam banyak penulisan lagu, tetapi Taeyeon yang juga adalah leader dari grup SNSD atau Girl Generation, setidaknya mencatatkan namanya sebagai penulis lagu di antaranya untuk lagu debut solonya berjudul “I”. Lirik lagu “I” ditulis sendiri oleh Taeyeon, Pun dia juga turut ambil bagian dalam penulisan lagu “To The Moon” yang masuk ke dalam daftar lagu di albumnya yang berjudul “What Do I Call You”. (TCT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *